Senin 07 Mar 2022 01:31 WIB

Bisnis Liquid Vape Asal Bandung Tembus Pasar Internasional

Bisnis vape dan e-Liquid di Indonesia ke depannya semakin bergairah. 

Acara peluncuran yang bertajuk Drips In The Show 2.0 dihelat di Trans Studio dengan protokol kesehatan secara ketat dan pengunjung terbatas.
Foto: Istimewa
Acara peluncuran yang bertajuk Drips In The Show 2.0 dihelat di Trans Studio dengan protokol kesehatan secara ketat dan pengunjung terbatas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pencinta liquid vape di Indonesia, tumbuh subur. Setidaknya, saat ini, tercatat pengguna vape itu tumbuh mencapai 2,1 juta orang. Kondisi ini pula yang mendorong produsen liquid vape lokal asal Bandung, Steam Queen Juice, berhasil menembus pasar internasional.

Menurut Business Division Head Steam Queen Juice, Aga Putra Ananta, produknya sudah menembus pasar asia hingga Dubai, Uni Emirat Arab. Di Indonesia sendiri, kata dia, pengguna vape tumbuh hingga mencapai 2,1 juta. 

“Produk lokal Bandung ini saya yakin bisa diterima di pasar nasional dan internasional. Kami nggak khawatir dengan menjamurnya produsen yang ilegal karena itu pengawasannya sudah ketat,”  ujar Aga dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Ahad (6/4).

Pengetahuan konsumen pun, kata dia, sudah makin baik. Mereka pasti bisa membedakan mana liquid yang resmi dan ilegal. "Karena yang ilegal itu bahan yang digunakan kan tidak jelas,” katanya.

Sementara Komisaris PT Ratu Karya Mandiri Ratu Annisa mengatakan, tema future merupakan sebuah gerakan dari Steam Queen untuk terus beradaptasi di tengah pandemi. “Ada sebuah movement kebangkitan dari steam queen di pasar Indonesia menuju ke level tertinggi dan bersiap merambah terus ke jejaring pasar internasional,” katanya.

Dikatakan Ratu, keterlibatan vapers dalam industri vape dan industri kreatif, semakin membuat industri vape di Tanah Air bergeliat. Ini, kata dia, yang menyebabkan bisnis vape dan e-Liquid di Indonesia ke depannya semakin bergairah dan membuka pintu selebar-lebarnya terhadap eksistensi produk Indonesia di kancah internasional.

Steam Queen Juice merilis varian produk oat drip baru bernama Future Series, Jumat (4/3) malam. Mereka optimistis produk tersebut bisa menambah valuasi dan kinerja perusahaan di pasar internasional meski pandemi Covid-19 belum usai.

Acara peluncuran yang bertajuk Drips In The Show 2.0 dihelat di Trans Studio dengan protokol kesehatan secara ketat dan pengunjung terbatas. Tema tersebut diperkuat dengan melibatkan pelaku industri kreatif dan musisi.

Menurutnya, ada enam varian baru dari seri Oat Drips di luar dari seri lain. Inovasi tersebut diklaim semakin mengukuhkan pihaknya sebagai pelopor liquid dengan rasa gandum. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement