Anugerah PWI Jabar Warnai Puncak HPN 2022

Red: Sandy Ferdiana

Ketua Umum PWI Atal S Depari (kiri) menyerahkan Anugerah Pupuhu Pangaping kepada Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam puncak peringatan HPN tingkat Jabar di ballroom Grand Sunshine Hotel, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/3) malam.
Ketua Umum PWI Atal S Depari (kiri) menyerahkan Anugerah Pupuhu Pangaping kepada Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam puncak peringatan HPN tingkat Jabar di ballroom Grand Sunshine Hotel, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/3) malam. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 tingkat Provinsi Jabar, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jabar memberikan Anugerah kepada sejumlah tokoh dan insan pers atas karya dan dedikasinya. Penyerahan anugerah berlangsung di malam puncak peringatan HPN di ballroom Grand Sunshine Hotel, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/3).

photo
Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat (kedua kiri) menyerahkan penghargaan atas Mitra Strategis kepada Kepala Kejati Jabar Asep N Mulyana (kedua kanan) dalam puncak peringatan HPN tingkat Jabar di ballroom Grand Sunshine Hotel, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/3) malam. - (Istimewa)
 
Mereka yang menerima Anugerah PWI Jabar, Gubernur Jabar Ridwan Kamil atas pencapaian indeks kemerdekaan pers, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum selaku Pupuhu Pangaping, dan para mitra strategis PWI Jabar, di antaranya Kajati Jabar Asep N Mulyana, Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto, serta Kapolresta Bandung Kusworo Wibowo.   
PWI Jabar juga memberikan anugerah kepada bupati Bandung, Karawang, Majalengka, Indramayu, dan Cianjur selaku Ajen Pangaping. Sementara peraih Anugerah Loyalitas Profesi, adalah Hamzah Ibrahim dan Ustiarsa, yang keduanya merupakan wartawan senior. PWI Jabar juga menobatkan tiga PWI Perwakilan Terbaik di Jabar, yakni PWI Kota Bandung, Karawang, dan Depok.

Anugerah diserahkan langsung oleh Ketua Umum PWI Atas Atal S Depari dan Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat kepada para penerima. Khusus penghargaan untuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil, penerimanya diwakilkan kepada Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Seuai menerima anugerah, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum kembali menggantungkan harapan kepada insan pers untuk tetap konsisten membuat berita yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Karya insan pers, papar dia, harus bermuara pada kebaikan bagi masyarakatnya.   

‘’Mohon tetap menjaga agar berita tetap akurat, mengedukasi, dan mempersatukan seluruh elemen bangsa,’’ ujar Uu dalam Malam Anugerah Puncak Peringatan HPN Jabar di Soreang, Rabu (23/3). Diakui dia, pers telah banyak berkontribusi pada pembangunan di Jabar.

Berkat insan pers, termasuk PWI Jabar, lanjut Uu, masyarakat Jabar dapat mengetahui pembangunan yang telah dan sedang berlangsung saat ini. Pihaknya optimistis, PWI Jabar akan terus berkontribusi dalam pembangunan dengan tidak melunturkan marwah pers.

Konferensi Kerja dan Jelajah Wisata

Selain menabur anugerah, PWI Jabar juga melengkapi peringatan HPN 2022 dengan kegiatan Konferensi Kerja 2021-2026 dan Jelajah Wisata Bandung Selatan.

Konferensi Kerja PWI Jabar melahirkan kesepakatan program kerja yang akan direaliasikan hingga 2026. Program kerja itu disepakati oleh seluruh peserta konferensi yang berasal dari Pengurus PWi Jabar dan PWI kabupaten/kota di Jabar.

photo
Peserta Konferensi Kerja PWI Jabar - (Istimewa)
 
Keesokan harinya, Kamis (24/3), seluruh peserta menikmati sesi Jelajah Wisata Bandung Selatan yang dipandu oleh anggota PWI Kabupaten Bandung Didi Mainaki. Dalam kegiatan jelajah wisata, peserta diajak untuk menikmati keindahan alam dan tempat wisata di daerah Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali (Pacira) Kabupaten Bandung. Di Galmping Lakeside Rancabali, para peserta sempat berbincang santai bersama Ketua PWI Pusat Atal S Depari. Menurut Atal, kata jelajah digunakan juga oleh PWI Pusat, yakni dalam program Jelajah Wartawan Nusantara.
‘’Itu ada pembalap kita, yang naik sepeda motor, touring diharapkan dari Aceh sampai Papua. Tapi ternyata tidak karena untuk memasuki Papua tidak memungkinkan, sebab musim hujan,’’ kata Atal di Glamping Lakeside, Kamis (24/3).

photo
Diskusi jelajah wisata Bandung Selatan - (Istimewa)
 
Menurut Atal, sejak pandemi Covid- 19, kegiatan jelajah wisata diharapkan menjadi pemantik kebangkitan ekonomi, sesuai tujuan HPN Tingkat Provinsi Jabar, yakni Peningkatan Ekonomi Nasional. ‘’Berwisata di Bandung Selatan sangat menarik dan keren,’’ ucapnya.
Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat  menambahkan, jelajah wisata ini, merupakan rangkaian terakhir HPN 2022 tingkat Provinsi Jabar. Kata dia, jelajah wisata ini luar biasa, ternyata berwisata di Bandung Selatan begitu indah.

‘’Kami sengaja membawa rombongan wartawan begitu banyak, menunjukkan inilah Indonesia, Inilah Jawa Barat, Inilah Bandung Selatan, yang memang luar biasa dan memiliki potensi ekonomi, terutama sektor pariwisata,’’ tuturnya.

Seluruh rangkaian HPN 2022 tingkat Provinsi Jabar ini mendapat dukungan dari sejumlah sejumlah sponsor. Di antaranya, Bank BJB, Bank BJB Syariah, PT Pos Indonesia, Djarum Fondation, BRI Regional Office Bandung, LPS, Summarecon Bandung, Geo Dipa Energi (Persero), Yamaha, Indofood, Al Ma'soem, dan Ultrajaya. Seluruh jajaran pengurus PWI di Jabar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari para sponsor.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image