Situ Sipatahunan Danau Buatan Destinasi Baru Wisata di Bandung

Red: Agus Yulianto

Pelukis melukis di situ Sipatahunan
Pelukis melukis di situ Sipatahunan | Foto: Republika/M Fauzi Ridwan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wacana Bupati Bandung Dadang Supriatna yang menginginkan danau buatan yang bernama Situ Sipatahunan di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ditata untuk menjadi destinasi wisata ideal, menjadi harapan bagi masyarakat setempat. Situ Sipatahunan tepatnya berada di RW 5 Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah atau berjarak 13 kilometer dari pusat Kota Bandung. 

Danau buatan itu menjadi lokasi wisata alam yang jaraknya cukup dekat dibandingkan wisata danau lainnya di Ciwidey atau Pangalengan, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung. Danau buatan yang terbentuk sebelum Indonesia merdeka itu, awalnya dimanfaatkan untuk menampung air yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat setempat, baik untuk pertanian atau untuk rumah tangga.

Adapun air yang tertampung di danau buatan yang memiliki luas dua hektare itu berasal dari mata air yang terletak di bukit sebelah selatan danau tersebut. Namun kini, di tahun 2022, Situ Sipatahunan tampak terabaikan dari campur tangan pemerintah. Selain banyak sampah, fasilitas umum yang ada di lokasi tersebut pun sudah tak layak digunakan oleh pengunjung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, bahwa lahan di Situ Sipatahunan adalah milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Sehingga, dia memastikan, penataan akan berjalan lebih mudah.

"Secara peraturan bisa ditempuh. Intinya, kita dari pemerintah siap mendukung, tempat ini jadi tempat untuk keberkahan masyarakat," kata Dadang.

 

photo
Warga tengah mengambil air di sumur yang relatif jauh dari pemukiman di Tepi Situ Sipatahunan. - (Republika/M Fauzi Ridwan)
 

Terkait


Silat Lumpur Ramaikan Festival di Situ Sipatahunan

Kematian Massal Ikan Keramba Jaring Apung, Apa Penyebabnya?

Dua Pelajar SD Tewas Tenggelam di Danau Buatan

Atasi Banjir, Pemprov Jabar Siapkan Danau Buatan

Tak Terurus, Situ Sipatahunan Dikepung Sampah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image