Ahad 27 Mar 2022 08:12 WIB

Situ Sipatahunan Danau Buatan Destinasi Baru Wisata di Bandung

Sekitar 1980-an, jambore pramuka nasional pernah digelar di lokasi Situ Sipatahunan.

Pelukis melukis di situ Sipatahunan
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Pelukis melukis di situ Sipatahunan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wacana Bupati Bandung Dadang Supriatna yang menginginkan danau buatan yang bernama Situ Sipatahunan di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ditata untuk menjadi destinasi wisata ideal, menjadi harapan bagi masyarakat setempat. Situ Sipatahunan tepatnya berada di RW 5 Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah atau berjarak 13 kilometer dari pusat Kota Bandung. 

Danau buatan itu menjadi lokasi wisata alam yang jaraknya cukup dekat dibandingkan wisata danau lainnya di Ciwidey atau Pangalengan, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung. Danau buatan yang terbentuk sebelum Indonesia merdeka itu, awalnya dimanfaatkan untuk menampung air yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat setempat, baik untuk pertanian atau untuk rumah tangga.

Adapun air yang tertampung di danau buatan yang memiliki luas dua hektare itu berasal dari mata air yang terletak di bukit sebelah selatan danau tersebut. Namun kini, di tahun 2022, Situ Sipatahunan tampak terabaikan dari campur tangan pemerintah. Selain banyak sampah, fasilitas umum yang ada di lokasi tersebut pun sudah tak layak digunakan oleh pengunjung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, bahwa lahan di Situ Sipatahunan adalah milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Sehingga, dia memastikan, penataan akan berjalan lebih mudah.

 

"Secara peraturan bisa ditempuh. Intinya, kita dari pemerintah siap mendukung, tempat ini jadi tempat untuk keberkahan masyarakat," kata Dadang.

 

photo
Warga tengah mengambil air di sumur yang relatif jauh dari pemukiman di Tepi Situ Sipatahunan. - (Republika/M Fauzi Ridwan)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement