Telkom Hadirkan Legion Standarisasi Proses Desain 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

DTP menjadi salah satu bentuk inisiasi Telkom Indonesia untuk menyiapkan operation, technology, dan platform agar dapat dimanfaatkan maksimal untuk membantu bekerja lebih cepat.
DTP menjadi salah satu bentuk inisiasi Telkom Indonesia untuk menyiapkan operation, technology, dan platform agar dapat dimanfaatkan maksimal untuk membantu bekerja lebih cepat. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai salah satu inisiator akselerasi digital di Indonesia terus memberikan inovasi dalam dunia digital. Kini, melalui umbrella brand Leap-Telkom Digital (Leap), Telkom menghadirkan Design System Legion yang dirilis pada pameran produk dan layanan digital mereka, Digital Technology & Platform Business Expo 2022/DTP Expo #2 2022. 

Lead Design & Experience PT Telkom, Aris Bachtiar mengatakan, Design System Legion adalah sebuah standarisasi terkait segala hal yang ada dalam desain. Seperti visual, suara, hingga tutur kata.

"DTP Expo adalah sebuah acara Telkom Group untuk etalase dan perkenalan support platform dan service operation dengan pemaparan use case dari sebuah pengembangan produk sebelum kemudian digunakan masyarakat umum," ujar Aris dalam siaran persnya, Kamis (7/4/2022). 

DTP Expo #2, tahun ini mengangkat tema "'Leveraging Influence of DTP Service for The Greater Impact". Kegiatan juga diisi sesi pembicara seperti proses dan tahap-tahap dalam pengembangan produk digital yang dijelaskan pada sesi "Product Development Phase" oleh Zakka Fauzan M, Chapter Leader Digital Product Management dengan didampingi Awalia Harfian sebagai Product Manager. 

Sesi terakhir ditutup oleh Anton Wahyu Pramono, Senior Manager Emerging Technology Platform, menjelaskan, konsep Metaverse serta sekaligus Launching Gala Premiere Virtual Concert dengan penampilan dari Pusakata.

Menurut Aris, konsep Legion dimunculkan guna mempercepat proses desain serta mempermudah developer dan desainer mereplika desain secara lebih cepat dan konsisten. Sistem ini juga dapat bermanfaat untuk edukasi desainer baru maupun junior, sehingga cepat beradaptasi.

Sementara menurut Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Telkom Ery Punta, Design System Legion yang dirilis ini adalah versi pertama. "Ini adalah standar dunia yang kini harus dimiliki perusahaan digital," katanya.

Ery mengatakan, walaupun digelar internal, tujuan DTP Expo adalah agar semua Telkom Group termotivasi berinovasi saat memberikan layanan terbaik pada ekosistem digital Indonesia. 

Hal ini pun sejalan program pemerintah, yang mana Telkom Indonesia melalui Leap diharapkan mendukung pertumbuhan ekosistem digital guna mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital Indonesia. 

“DTP menjadi salah satu bentuk inisiasi Telkom Indonesia untuk menyiapkan operation, technology, dan platform agar dapat dimanfaatkan maksimal untuk membantu bekerja lebih cepat. Serta meningkatkan kapabilitas kami dalam memberikan produk terbaik untuk masyarakat,” kata Ery.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kampus Jateng dan Yogya Antusiasi Transformasi Digital

Percepat Digitalisasi, Leap-Telkom Digital Rambah Jawa Timur

Wujudkan Kedaulatan Digital Indonesia Bersama Leap-Telkom Digital

Tertinggi di Indonesia, Valuasi Merek Telkom Capai 4,69 Miliar Dolar AS

Telkom Jadi Kunci Transformasi Ekosistem Digital BUMN

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image