Cegah Perang Sarung, Polres Sukabumi Gencarkan Razia ke Wilayah

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto

Sejumlah remaja yang akan terlibat aksi tawuran diamankan anggota kepolisian. (Ilustrasi)
Sejumlah remaja yang akan terlibat aksi tawuran diamankan anggota kepolisian. (Ilustrasi) | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Polres Sukabumi mengerahkan personel ke wilayah untuk mencegah aksi tawuran perang sarung. Sebab, di bulan puasa ini potensi terjadinya perang sarung meningkat.

Sebelumnya, tim patroli Polres Sukabumi menggagalkan kelompok remaja yang diduga akan melakukan perang sarung di Jalan Cibolang, Desa Cimahi Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Selasa (5/4/2022) lalu. "Kami mengeluarkan perintah kepada seluruh kapolsek jajaran untuk melaksanakan operasi mandiri di wilayah hukumnya masing-masing," ujar Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, Kamis (7/4/2022).

Kata dia, seluruh kapolsek harus mencegah terjadinya tawuran terutama akibat perang sarung. Selain itu, juga melakukan sweeping senjata tajam. 

Dia mencontohkan, kegiatan patroli di wilayah Utara Kabupaten Sukabumi di pimpin Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Suwardi yang berhasil menggagalkan rencana aksi tawuran perang sarung diwilayah Polsek Cibadak, kemarin malam, Selasa (5/4/2022).

Kasi Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman menambahkan, dalam upaya pemeliharaan kamtibmas selama bulan Ramadhan ini Polres Sukabumi berkomitmen untuk menggelar operasi Kamtibmas terutama di malam hari. "Beberapa waktu lalu Kapolres Sukabumi sudah mengeluarkan pernyataan, bahwa beliau menginginkan warga masyarakat Sukabumi aman, tenang dan nyaman selama melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan," kata dia.

Kegiatan operasi Kamtibmas ini, lanjut Aah, merupakan kelanjutan dari operasi cipta kondisi diawal bulan Ramadhan. Dalam Ramadhan ini juga Bupati Sukabumi telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang larangan kegiatan yang dapat mengganggu kekhusyuan masyarakat pada pelaksanaan saum di bulan Ramadhan. Sehingga, perintah Kapolres Sukabumi sebagai bentuk implementasi nya dilapangan yang sejalan dengan SE Bupati tersebut. 

Kapolsek Cibadak Kompol Maryono mengatakan, kegiatan patroli pada Selasa malam berhasil mengamankan beberapa remaja yang diduga akan melakukan kegiatan perang sarung. "Ada enam remaja yang diamankan tadi malam masing- masing berinisial R, A, M, MI, A dan RI, yang diduga akan melakukan perang sarung," ungkap Kapolsek Cibadak Kompol Maryono kepada wartawan Rabu (6/4/2022). 

Para remaja tersebut diamankan pada hari Selasa (05/04/22) sekitar pukul 23.30 WIB di Jalan Cibolang Desa Cimahi Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi tepatnya di depan sebuah SPBU. Dari para remaja itu polisi menyita barang bukti berupa samping dan handphone. Hingga Rabu pagi para remaja yang diamankan masih dalam proses pendataan dan pemeriksaan oleh unit Reskrim Polsek Cibadak.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Polres Sukabumi Amankan Remaja yang akan Perang Sarung

Aksi Tawuran Warnai Ramadhan di Bogor

Gebyar Vaksinasi Ramadhan Polres Sukabumi Berhadiah Minyak Goreng

Awal Ramadhan, Polres Sukabumi Lakukan Pemantauan Stok Minyak Goreng

Polres Sukabumi Ungkap Ratusan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image