Musim Hujan, Damkar Depok Berhasil Evakuasi 67 Ekor Ular

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto

Petugas dan warga mengevakuasi ular.
Petugas dan warga mengevakuasi ular. | Foto: dok. Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan sebanyak 67 ekor ular. Ular dari berbagai jenis tersebut diamankan selama musim hujan dalam empat bulan terakhir yakni sejak Januari 2022.

"Hewan liar tersebut dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga," ujar Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos di Kota Depok, Jumat (8/4/2022).

Dia merinci, pada bulan Januari pihaknya berhasil mengamankan 16 ekor. Kemudian, Februari 18 ekor dan Maret 33 ekor. "Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana pada tiga bulan pertama mencapai 39 ekor ular yang dievakuasi," ungkap Welman.

Menurut Welman, puluhan ekor ular yang dievakuasi terdiri dari beberapa jenis yaitu sanca, kobra, welling dan ular ijo. Namun, sebagian besar di antaranya adalah Ular sanca. "Ular dievakuasi di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di loteng, kamar mandi, dapur hingga ruang keluarga," terangnya. 

Lanjut Welman, bagi warga yang membutuhkan bantuan kegawatdaruratan bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280. "Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih," pungkasnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


BPBD DKI Ingatkan Warga yang Tinggal di Tanah dengan Lapisan Miring

Damkar Depok Evakuasi Ular Sanca yang Masuk ke Rumah Warga

La Nina Masih Ada, 47 Persen Zona Musim di Indonesia Terlambat Masuki Musim Kemarau

BMKG: Angin Kencang Berpotensi di Sejumlah Wilayah Dua Hari ke Depan

Daftar 10 Lokasi di DKI Jakarta yang Berpotensi Alami Pergerakan Tanah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image