Selasa 12 Apr 2022 16:44 WIB

Pemkab Garut Ingin Perbaikan Jalan Selesai Sebelum Momen Mudik

Proses pengerjaannya difokuskan pada jalan yang akan dilalui banyak pemudik.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Wabup Garut, Helmi Budiman, meninjau perbaikan jalan di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Selasa (12/4/2022).
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut.
Wabup Garut, Helmi Budiman, meninjau perbaikan jalan di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Selasa (12/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut tengah melakukan perbaikan di sejumlah ruas jalan yang rusak. Diharapkan, perbaikan ruas jalan itu dapat rampung sebelum digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran 1443 H.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan, pihaknya terus berupaya agar rekonstruksi jalan yang dilalui oleh para pemudik dapat selesai sebelum Hari Raya Idulfitri 1443 H. Karena itu, proses pengerjaannya difokuskan pada jalan yang akan dilalui banyak pemudik.

“Ada dua jalan di sini yang sedang kita beton, yaitu jalan di Pasar Kadungora. Itu alhamdulillah beres. Tinggal sebelah lagi. Dalam satu minggu ini kami target selesai, sehingga pada saat Lebaran atau H-3 atau H-5 itu bisa digunakan,” kata dia saat meninjau rekonstruksi jalan di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Selasa (12/4/2022).

Helmi berharap, beberapa ruas jalan yang nantinya akan dilalui oleh pemudik ke Kabupaten Garut bisa selesai sebelum Lebaran. Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati jalan tersebut.

“Harapannya ini bisa digunakan sebelum lebaran, masyarakat bisa menikmati mulusnya jalan di sini. Misalnya tutugan Leles sampai Pasopati dengan jalan beton, kemudian dari Pasopati ke Masjid Iqro itu dengan lapen. Setelah lebaran baru kita beton lagi yang sampai ke Masjid Iqro," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, mengatakan, pihaknya akan melakukan uji coba dalam pembuatan aspal plastik di beberapa ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Garut. Total panjang jalan yang akan diperbaiki sekitar 20 kilometer hingga 30 kilometer pada tahun 2022.

“Kami rencanakan ini di jalan-jalan perkotaan di dalam kota, seperti Jalan Pembangunan, Jalan Tarogong-Samarang," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pada 2022 terdapat beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki mulai Jalan Lingkar Luar Leles, Cibudug sampai Cipicung yang ada di Banyuresmi. Menurut dia, pada umumnya, jalan-jalan di kita ini umurnya itu sudah habis. "Jadi perlu direkonstruksi lagi,” ucapnya.

Dia berharap, sebelum hari raya Idulfitri, beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki, khususnya jalan-jalan protokol sudah baik dan layak dilintasi. Dengan begitu, saat Lebaran, masyarakat di Kabupaten Garut sudah dapat menikmati jalan yang sudah baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement