Memperkokoh Pilar Kebangsaan untuk Pemuda ala Yosa Octora

Red: Sandy Ferdiana

  Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yosa Octora Santono S.Si M.M tengah menyampaikan pembekalan kepada para pemuda terkait Pilar Kebangsaan, belum lama ini.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yosa Octora Santono S.Si M.M tengah menyampaikan pembekalan kepada para pemuda terkait Pilar Kebangsaan, belum lama ini. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Beginilah untungnya jika memiliki wakil rakyat dari kalangan pemuda. Yosa Octora Santono S.Si M.M merupakan pemuda yang terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Daerah pemilihan (Dapil) Jabar XIII (Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran, Kota Banjar).

Sebagai pemuda, Kang Yosa tidak pernah luput mengampanyekan isu kebangsaan kepada pemuda. Sosok yang dekat dengan masyarakat itu rutin menggelar Citra Bhakti dalam Sketsa Kebangsaan dengan topik ‘Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan’ kepada para Generasi Muda.

Dalam setiap kegiatan resesnya, Kang Yosa pasti menyelipkan agenda khusus dengan para pemuda. Kader Partai Demokrat itu kerap mengajak pemuda untuk lebih gencar berkontribusi kepada negeri. Saat ini, tegas dia, bangsa ini membutuhkan peran serta pemuda dalam menyelesaikan segala persoalannya.  

Legislator muda asal Kabupaten Kuningan ini menyampaikan, Pilar Kebangsaan merupakan instrumen pondasi bagi pemuda untuk mengukir prestasi dan kontribusi bagi negeri. Jika dijelaskan, ungkp Yosa, pilar adalah tiang penguat dan penyangga, serta dan pilar juga sebagai dasar. ‘’Tanpa pilar, maka bangsa ini akan runtuh,’’ ujarnya.  

Pilar Kebangsaan yang tidak boleh hilang dalam benak pemuda, yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Keempat pilar itulah yang membuat Indonesia sempurna sebagai negara yang kokoh.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Bupati Ngawi Kaget Namanya Masuk Kepengurusan Demokrat

AHY Siapkan Diri dan Mesin Parpol Jelang Pilpres 2024

DPD Jatim: Demokrat Komitmen Perjuangkan Harapan Rakyat

Lantik Emil Dardak Jadi Ketua DPD Demokrat Jatim, Ini Pesan AHY

Tanggapan Emil Dardak Atas Mundurnya Bayu Airlangga dari Demokrat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image