Polresta Bogor Gunakan Kode Bendera Sebagai Parameter Kemacetan 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Sejumlah kendaraan melintas menuju gerbang Tol Bogor, Tanah Baru, Kota Bogor.
Sejumlah kendaraan melintas menuju gerbang Tol Bogor, Tanah Baru, Kota Bogor. | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Selama musim mudik dan libur lebaran, Polresta Bogor Kota membuat parameter volume kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Bogor dengan tiga warna bendera. Bendera tersebut akan terpasang di selepas Gerbang Tol (GT) Bogor.

Wakapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan, mengatakan, ketiga warna bendera yang akan dipasang yakni hijau, kuning, dan merah. Bendera tersebut berfungsi sebagai parameter petugas, apabila ada peningkatan volume kendaraan yang keluar dari GT Bogor.

“Jadi kalau batas kendaraan antre di hijau itu masih aman, masih bisa normal semuanya. Kalau sudah batas kuning berarti nanti sudah ada jalur yang diantisipasi untuk di tutup atau dialihkan,” kata Ferdy ketika ditemui di Mako Polresta Bogor, Selasa (26/4).

Sedangkan, sambung dia, apabila antrean kendaraan sudah mencapai bendera merah artinya petugas harus sudah melakukan rekayasa lalu lintas.

“Jadi kalau keluar Tol (GT Bogor) kendaraan itu sudah macet itu sudah diindikasi merah berarti jalur sudah harus ke kanan (arah Ekalokasari) enggak boleh, langsung ke kiri (Tugu Kujang). Jadi kalau dari Tugu kujang gak boleh belok kanan, harus lurus dulu seperti itu kira-kira rekayasanya,” jelasnya.

Di samping itu, dia memprediksi, puncak kepadatan di wilayah Kota Bogor baru akan terjadi pasca Idul Fitri. Lantaran Kota Bogor bukan jalur utama mudik, namun lebih kepada jalur wisata.

“Kita perkirakan (puncak kepadatan) Lebaran kedua itu ketika orang wisata, orang silaturahmi. Bukan H- Lebaran karena di sini bukan jalur mudik, tapi jadi tujuan wisata orang mau ke Puncak, Kebun Raya, wisata kuliner itu prediksi ya,” pungkasnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Trafik Mulai Meningkat, Contraflow Diberlakukan di Tol Japek

Dinkes Jabar Siagakan 186 Rumah Sakit di Jalur Mudik Lebaran

Kemenkes: Sektor Kesehatan Siap Hadapi Arus Mudik

Truk Mendominasi Arus Penyeberangan di Merak

Arus Mudik di Pos Lintas Batas Negara Entikong

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image