Rabu 27 Apr 2022 15:03 WIB

Yuks Sambangi 'Buricak Burinong', Kampung Wasita Internasional Jatigede

Suasananya yang menarik dengan tampilan penuh warna-warni dan memanjakan mata.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Seorang nelayan mencari ikan di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Seorang nelayan mencari ikan di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan tempat wisata Buricak Burinong di Kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Selasa petang (26/4/2022). Ridwan Kamil mengatakan, peresmian tersebut dapat menjadi tanda bahwa Kawasan Waduk Jatigede akan dikembangkan sebagai destinasi wisata kelas internasional.

"Kami meresmikan fasilitas pariwisata Jatigede, yaitu Kampung Buricak Burinong. Ada forest walk-nya, ada kulinernya, ada pariwisatanya," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

"Ini menandakan Jatigede ini di masa depan akan menjadi wilayah yang akan dikembangkan sebagai wisata international," katanya lagi.

Buricak Burinong berada di Desa Pakualam, Darmaraja, Sumedang. Buricak Burinong sendiri dalam Bahasa Sunda menggambarkan suasana yang menarik dengan tampilan penuh warna-warni dan memanjakan mata. 

 

Pemandangan dari Buricak Burinong pun sangat memesona. Selain keindahan alam, kemegahan Masjid Al-Kamil terlihat dari Buricak Burinong. Nantinya, ada juga Menara Kujang Sapasang yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Sumedang.  

"Yang paling istimewa kelihatan dari sini, Masjid Al-Kamil sudah selesai. Menara Kujang Sapasang akhir tahun juga akan selesai. Mudah-mudahan itu menjadi kebanggaan," kata Emil. 

Dengan kolaborasi yang baik, kata dia, Pemprov Jabar selalu mendukung kesejahteraan rakyat Sumedang semakin meningkat.

Selepas peresmian Buricak Burinong, Emil meninjau langsung progres pembangunan konstruksi Menara Kujang Sapasang serta jembatan yang akan menjadi ikon Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Pemprov Jabar pun mengimbau masyarakat yang ingin berpergian untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dengan menerapkan protokol kesehatan, serta pastikan sudah tervaksinasi dengan lengkap. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement