Ahad 01 May 2022 17:38 WIB

Antisipasi Lonjakan Libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung Berbenah

Manajemen sudah mempersiapkan beberapa titik tempat makan untuk dikunjungi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Antisipasi Lonjakan Libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung Berbenah (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Antisipasi Lonjakan Libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung Berbenah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan saat libur lebaran tahun 2022 ini, Kebun Binatang Bandung yang dikenal dengan Bandung Zoo membenahi banyak fasilitas.

Markom Bandung Zoo, Sulhan Syafi'i, selama sebulan terakhir, Bandung Zoo melakukan banyak hal terutama perbaikan kandang. Yakni, mulai dari perbaikan minor sampai sedang dilakukan hampir di seluruh kandang. Hal tersebut untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. 

Baca Juga

"Hal lain yang berkaitan dengan kenyamanan pengunjung dilakukan semaksimal mungkin terutama untuk fasilitas tempat duduk dan juga tempat makan," ujar Sulhan yang akrab disapa Aan, Ahad (1/5/2022).

Selama kunjungan lebaran ini, kata Aan, manajemen sudah mempersiapkan beberapa titik tempat makan untuk dikunjungi oleh para wisatawan selain Resto utama yang ada di tengah dan juga makanan cepat saji.

Selama lebaran ini, kata dia, manajemen tidak menaikkan harga tiket. Jadi, tiket Tetap Rp 50.000 untuk setiap orang yang masuk. Namun demikian, fasilitas tetap disiapkan secara maksimal.

Kolam perahu yang selama 2 tahun ditutup, tahun ini mulai dibuka kembali.

Manajemen, kata dia, baru saja melakukan pengerukan kolam tersebut untuk bisa dipergunakan secara maksimal. Perahu, sudah diuji coba sejak tiga hari terakhir. Begitu juga, sepeda air yang selama ini tidak dipergunakan juga sudah di renovasi dan juga sudah dicat ulang agar bisa dipergunakan bagi para pengunjung. 

"Fasilitas tersebut melengkapi permainan air dengan luas kolam  60 x 25 meter," katanya.

Selain itu, kata dia pengunjung juga bisa menikmati feeding jerapah, feeding binturung, burung- burung dan rusa.  

Disediakan juga spot untuk  berfoto-foto dengan satwa seperti dengan ular, binturong, burung-burung dan juga satwa lainnya. 

"Tak ketinggalan, atraksi satwa pintar di panggung utama setiap hari pukul 10.30 dan 14.30. Pertunjukan ini bisa dinikmati secara gratis," katanya.

Menurutnya, untuk pemberian makan satwa seperti jerapah,  binturung, gajah dan beragam jenis rusa juga sudah dipersiapkan. "Kami juga sudah melakukan pembersihan di hampir seluruh area di Kebun Binatang ini mencakup 14 hektar dengan jumlah total  hampir 850 ekor satwa," katanya.

Selama lebaran ini, kata Aan, pihaknya mempersiapkan 2 posko PMI yang ada di dalam zona kebun binatang. Ada juga penyewaan alas duduk untuk di sekitar area hutan pinus dan juga di area pohon Sempur.

"Koordinasi dengan pihak kepolisian terus dilakukan juga dengan Satgas covid", katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement