Senin 02 May 2022 15:38 WIB

Kang Emil Sebut Sholat Id di 56 Ribu Tempat di Jabar Berlangsung Lancar

Pemprov Jabar menggelar sholat Idul Fitri di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Jamaah sholat Idul Fitri memenuhi Lapangan Gasibu, Kota Bandung, setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, Senin (2/5/2022).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Jamaah sholat Idul Fitri memenuhi Lapangan Gasibu, Kota Bandung, setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, Senin (2/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil menuturkan, pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah di 53 ribu titik yang tersebar di berbagai wilayah Provinsi Jabar pada Senin (1/5/2022), berlangsung lancar. Berdasarkan pantauan pada malam takbiran di sejumlah titik, diketahui tidak ada dinamika keamanan hingga hari pelaksanaan Lebaran 2022 di Jabar.

"Pelaksanaan Shalat Idul Fitri, laporan sampai pagi ini, berlangsung lancar di 56 ribu tempat shalat yang terdaftar, baik di lapangan atau masjid atau tempat-tempat yang disediakan," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, seusai melaksanakan sholat Id di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jabar, Senin.

"Semalam kita lakukan pemantauan sesuai dengan arahan, (hasilnya) tidak ada masalah keamanan yang berarti. Itu karena kita melarang ada konvoi, takbiran yang kita arahkandi masjid-masjid. Sehingga sampai tadi malam, malam takbiran di 27 kota kabupaten berlangsung aman dan nyaman," kata Kang Emil menambahkan.

Diamengaku terharu dan bahagia karena pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 Hijriah yang diadakan oleh Pemprov Jabar di Lapangan Gasibu dipenuhi oleh jamaah. "Saat pidato itu tadi saya terharunya double-double. Pertama setelah dua tahun tidak lagi Shalat Idul Fitri di tempat terbuka karena dua tahun di rumah dinas. Bahagianya melihat Gasibu penuh banget sama jamaah," kata Kang Emil.

Warga tampak antusias melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Gasibu. Sholat Id di Lapangan Gasibu kali ini terasa istimewa, karena selama dua tahun terakhir tidak digunakan untuk lokasi sholat terkait pandemi Covid-19.

Salah seorang warga asal Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Maman, mengaku antusias melaksanakan sholat Id di Lapangan Gasibu. Bahkan, ia datang ke lokasi sejak pukul 05.30 WIB. "Dan ternyata sudah banyak orang di sini. Mungkin karena dua tahun initidak ada Shalat Id di sini, jadi orang pada antusias. Subuh-subuh sudah pada datang ke sini," kata Maman.

Warga lainnya asal Jamika, Kota Bandung Heri, Setiawan menuturkan hal yang sama. "Jam setengah enam kurang sudah di sini dan itu sudah lumayan ramai, banyak orang," kata Heri yang baru pertama kali melaksanakan sholat Id di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement