Akses ke Wisata Pantai Padat, Polres Sukabumi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah kendaraan melintas menuju kawasan Ciawi, Lido dan Sukabumi setelah pintu keluar tol Jagorawi akibat penutupan jalan menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022). Antrean panjang kendaraan tersebut terjadi akibat sistem satu arah yang diberlakukan Satlantas Polres Bogor di jalur wisata Puncak, Bogor untuk mengurai kepadatan di hari kedua Idul Fitri 1443 H.
Sejumlah kendaraan melintas menuju kawasan Ciawi, Lido dan Sukabumi setelah pintu keluar tol Jagorawi akibat penutupan jalan menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022). Antrean panjang kendaraan tersebut terjadi akibat sistem satu arah yang diberlakukan Satlantas Polres Bogor di jalur wisata Puncak, Bogor untuk mengurai kepadatan di hari kedua Idul Fitri 1443 H. | Foto: ANTARA/Arif Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Akses lalu lintas menuju kawasan wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi mengalami kepadatan pada H+2 lebaran, Rabu (4/5/2022). Dampaknya Polres Sukabumi melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan lalu lintas tersebut.

''Polres Sukabumi jauh-jauh hari telah merencanakan beberapa cara bertindak dilapangan guna mengatasi peningkatan kepadatan volume arus kendaraan,'' ujar Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, Rabu. Jenis kendaraan tersebut baik mobil ataupun sepeda motor yang akan masuk ke kawasan wisata pantai baik arah Palabuhanratu maupun arah Ciletuh Ciemas.

Baca Juga

Kasie Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, dalam mengatasi kepadatan arus lalu lintas Rabu ini ada beberapa rencana strategi yang dilakukan. Di antaranya penerapan one way, sistem buka tutup jalan, rekayasa arus lalulintas dan memaksimalkan kantong-kantong parkir serta penyiagaan tim urai kemacetan.

''Untuk penerapan strategi di lapangan disesuaikan dengan dinamika situasi dan kondisi di lapangan," kata Aah. Dalam pelaksanaan di lapangan, dipantau langsung oleh Kapolres Sukabumi yang bergerak secara mobile dengan menggunakan sepeda motor.

Selain itu melalui pesawat HT, diberikan terus memberikan instruksi dan arahan kepada para perwira lapangan. Di mana hasil pemantauan di lapangan seluruh anggota yang terlibat dalam pengaturan arus lalulintas dari mulai Pos Bagbagan sampai kawasan wisata Pantai Karanghawu Cisolok semua terus mengatur dan mengarahkan kendaraan agar tidak terjadi kemacetan.

Aah menuturkan, walaupun arus lalu lintas padat merayap namun demikian kendaraan masih bisa dialirkan baik yang akan masuk kawasan wisata begitupun sebaliknya yang akan pulang menuju Kota Sukabumi. Diprediksi kepadatan arus lalulintas kunjungan wisata akan berlangsung sampai Rabu malam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Libur Lebaran, Pengunjung Situ Gunung Meningkat 40 Persen

90 Ribu Kendaraan Masuk Jalur Puncak

Polisi Buka Gerai Vaksin Bagi Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan

Pengunjung Ragunan Hari Ini Tembus 25 Ribu

Libur Lebaran, Polisi Buka Tutup Jalan di Anyer

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image