Dinas PUPR Depok Normalisasi Kali Pesanggrahan

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto

Seorang bocah melihat sampah yang terbawa aliran air dan menyangkut di salah satu jembatan di Kali Pesanggrahan, Cipayung, Depok, Jawa Barat. Sampah menyangkut tersebut membuat aliran air kali terhambat dan menyebabkan banjir di kawasan itu.
Seorang bocah melihat sampah yang terbawa aliran air dan menyangkut di salah satu jembatan di Kali Pesanggrahan, Cipayung, Depok, Jawa Barat. Sampah menyangkut tersebut membuat aliran air kali terhambat dan menyebabkan banjir di kawasan itu. | Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melakukan normalisasi kali Pesanggrahan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Hal ini untuk mengembalikan fungsi kali agar aliran air kembali normal.

"Kami lakukan normalisasi Kali Pesanggrahan dengan pengangkatan sampah. Sudah dilakukan sejak dua hari yang lalu atau Senin (9/5/2022)," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Rabu (11/5/2022).

Menurut Citra, pihaknya juga mengirimkan alat berat berupa amphibi untuk membantu Satuan Tugas (Satgas) di lapangan. Adapun kegiatan normalisasi ditargetkan rampung hari ini.

"Paling telat, targetnya besok sudah selesai. Kami mengerahkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang dan satu unit truk untuk mengangkat sampah menuju TPA Cipayung," terangnya.

Dia berharap, upaya ini bisa memaksimalkan fungsi kali dan tidak menghambat aliran dari hulu ke hilir. Dengan begitu, potensi terjadinya banjir bisa diantisipasi lebih dini.

"Mudah-mudahan kali yang telah kami normalisasi dapat berfungsi dengan baik. Apalagi saat ini masih musim penghujan," harap Citra. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image