Kamis 12 May 2022 13:00 WIB

Jabar Quick Response Perbaiki Gubuk Reyot Milik Seorang Nenek di Bandung

Gubuk Mak Esih (85 tahun) merupakan potret warga tak mampu yang tinggal di Bandung.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Jabar Quick Response (JQR) menyalurkan dana bantuan perbaikan gubuk reot milik Mak Esih di  Kelurahan Cigondewah Kaler, Kota Bandung.
Foto: Dok, JQR Jabar
Jabar Quick Response (JQR) menyalurkan dana bantuan perbaikan gubuk reot milik Mak Esih di Kelurahan Cigondewah Kaler, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jabar Quick Response (JQR) menyalurkan dana bantuan perbaikan rumahnya dengan memperbaiki gubuk reyot di Jalan Baturengat, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Gubuk reyot itu, milik Mak Esih (85 tahun) yang merupakan potret warga tak mampu yang tinggal di Bandung.

Prosesi penyaluran bantuan dilaksanakan di kantor Kelurahan Cigondewah Kaler disaksikan oleh Lurah Cigondewah Kaler, Kepolisian, LPPM, PKK, tokoh masyarakat dan perwakilan keluarga.  Dalam kesempatan tersebut dijelaskan dibentuknya panitia pembangunan rumah Mak Esih dari unsur masyarakat dan aparatur kewilayahan.

Manager Operasional JQR Nizar Ilyassa mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tim JQR segera menidaklanjuti informasi kemalangan yang ditimpa Mak Esih dengan prosedur verifikasi serta survey. Setelah hasil survey di lokasi, tim segera menindaklanjuti dengan memberikan dana bantuan pembangunan rumah.

“Dana yang diberikan merupakan dana stimulus pembangunan, JQR juga mengajak pihak lainnya untuk ikut berkontribusi membantu Mak Esih agar tinggal di rumah yang layak huni," ujar Nizar dalam siaran persnya, Kamis (12/5).

Nizar mengatakan, berdasarkan hasil survey diketahui dalam kesehariannya Mak Esih bergantung kepada keluarga, warga sekitar dan bantuan dari pemerintah. Pembangunan rumah akan dilakukan secara gotong royong dari warga setempat. Selama proses pembangunan, Mak Esih akan tinggal di rumah sementara yang disiapkan oleh aparatur kewilayahan.

“Semoga kolaborasi ini menjadi pemantik atau contoh untuk saling gotong royong jika menemukan kejadian serupa di wilayah Cigondewah,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement