Wisatawan Tenggelam di Pantai Pangandaran Belum Ditemukan

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang wisatawan yang dilaporkan terseret ombak di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Rabu (11/5/2022).
Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang wisatawan yang dilaporkan terseret ombak di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Rabu (11/5/2022). | Foto: Dok. Kantor SAR Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pencarian wisatawan yang tenggelam di Pantai Pangandaran masih belum membuahkan hasil hingga Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 18.00 WIB. Tim SAR gabungan sementara menghentikan pencarian.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana, mengatakan, hingga saat ini belum ada tanda-tanda keberadaan korban yang tenggelam. Tim telah melakukan penyisiran di laut dan pantai, tapi korban memang belum berhasil ditemukan.

"Ini tim yang melakukan penyisiran di laut baru mendarat, tapi belum ada tanda-tanda keberadaan korban," kata dia saat dihubungi Republika, Kamis (12/5/2023) sore.

 

photo
Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang wisatawan yang dilaporkan terseret ombak di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Rabu (11/5/2022). - (Dok. Kantor SAR Bandung)
 

Dia mengatakan, tak ada kendala dalam proses pencarian korban. Hanya saja, korban belum muncul ke permukaan. Menurut dia, korban tenggelam biasanya akan mengapung pada hari ketiga.

"Besok kami akan lakukan lagi pencarian. Mudah-mudahan bisa ditemukan," kata Nana.

Berdasarkan laporan Kantor SAR Bandung, pada Selasa, tim SAR gabungan melakukan pencarian wisatawan tenggelam di Pantai Barat Kabupaten Pangandaran sejak pukul 08.00 WIB tadi pagi dengan membagi tim menjadi empat SRU (Search and Rescue Unit). Hingga pukul 15.00 WIB hasil pencarian terhadap korban masih nihil.

Adapun pencarian dilakukan oleh SRU 1 dan 2 dengan melakukan penyisiran sepanjang pesisir Pantai Barat Pangandaran sejauh 2 kilometer. Sementara SRU 3 dan 4 melakukan penyisiran laut di sekitar lokasi terakhir korban menggunakan perahu jukung dan LCR seluas 4,7 kilometer.

Sebelumnya, seorang wisatawan bernama Latipudin Bin Warsono (35) dilaporkan tenggelam saat berenang di Pantai Pangandaran pada Rabu (11/5/2022) pagi. Korban merupakan wisatawan asal Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Tim SAR Hentikan Pencarian Wisatawan Tenggelam di Pantai Sayang Heulang

Balawista Minta Wisatawan Hindari Titik Rawan Berenang di Pantai Pangandaran

Balawista Minta Wisatawan Hindari Titik Rawan Berenang di Pantai Pangandaran

Seorang Wisatawan Dilaporkan Terseret Ombak di Pantai Pangandaran

Wisatawan Membeludak, Kabupaten Pangandaran Panen Pemasukan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image