Pasca-Ramadhan 2022, Roda Amal Gencar Gelar Jumat Barokah

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Jumat Barokah Roda Amal terbaru yang didukung Corporate Communication PT Telkom tersebut disebar paket sembako ke dua panti asuhan dan tiga masjid di dua kecamatan di Kota Bandung.
Jumat Barokah Roda Amal terbaru yang didukung Corporate Communication PT Telkom tersebut disebar paket sembako ke dua panti asuhan dan tiga masjid di dua kecamatan di Kota Bandung. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lembaga sociopreneur asal Sukawarna, Kota Bandung, Roda Amal, terus aktif berbagi. Selama Ramadhan 2022, lembaga ini membagikan paket takjil-itikaf pada 24 masjid, mushala, dan pesantren serta 80 santunan lebaran ke dhuafa. Untuk kegiatan intinya, Jumat Barokah, setelah bulan puasa ini disokong oleh unit Corporate Communication PT Telkom. 

Menurut Founder Roda Amal, Muhamamad Sufyan Abdurrahman, kegiatan Jumat Barokah berjalan lagi pada Jumat, 13 Mei 2022 ini setelah libur sepekan pada pekan Lebaran awal Mei lalu. "Alhamdulillah sudah 95 kali kami Jumat Barokah sejak Mei 2020 lalu atau pas awal-awal pandemi. Berkat kolaborasi dengan donatur, baik individu maupun korporasi, Roda Amal bisa istiqomah melaksanakan ini tiap minggunya," ujar Sufyan di Bandung, Jumat (13/5). 

Hal ini, kata dia, perlu dilakukan untuk menjaga spirit berkontribusi dari masyarakat. Apalagi, rekapitulasi donasi saat Ramadhan lalu meningkat hampir 150 persen dari bulan biasanya. Antusiasme donatur berinfaq melonjak, kuantitas dan atau kualitas. 

"Jika di bulan biasa, donatur inti Jumat Barokah Roda Amal berkisar 4-6 orang, namun Ramadhan kemarin antara 8-10 orang. Nilai infaq per orangnya pun rata-rata naik 100 persen karena semua mengejar fadhilah Ramadhon," katanya.

Begitu juga, kata dia, dengan ketertarikan donatur korporasi, yang sejak Ramadhan kemarin tercatat dua perusahaan berkomitmen ikut salurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR/Corporate Social Responsible) ke komunitas. 

Menurutnya, pada Jumat Barokah Roda Amal terbaru yang didukung Corporate Communication PT Telkom tersebut disebar paket sembako ke dua panti asuhan dan tiga masjid di dua kecamatan di Kota Bandung. Mereka adalah Panti Asuhan Mizan Amanah dan Panti Asuhan Alfien di Kec Sukasari serta Masjid Baitul Makmur Albarokah, Masjid Baitul Amanah, dan Masjid Nur Anka di Kecamatan Sukajadi.  

"Mudah-mudahan bisa terus bersama berbagi tiap Jumat. Sekalipun sedikit, tapi sesuai hadist Nabi, amal yang terpenting itu adalah yang konsisten. Terima kasih untuk semua donatur," katanya. 

Sufyan mengatakan, pada Ramadhan kemarin, terdapat tiga kegiatan. Pertama, pembagian amplop santunan Lebaran sebanyak 80 amplop total kisaran Rp 5,5 juta yang diterima 80 orang yang berhak. 

Kedua, kata dia, pemberian paket snack dan minuman itikaf 10 hari terakhir yang diterima enam masjid. Ketiga, paket takjil berisikan snack dan minuman ringan selama periode 1-20 Ramadhan yang diterima 18 masjid/pesantren/panti asuhan/majelis taklim. Pada kegiatan tersebut, donasi berasal dari CSR PT Len Industri dan perorangan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Bupati Bangka Salurkan Bantuan untuk Kampung Qurani

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image