Jumat 13 May 2022 13:20 WIB

Pemkot Bandung Anggarkan Rp 700 Juta Transportasi dan Mamin Calhaj

Anggaran itu untuk transportasi calon jamaah haji ke embarkasi di Bekasi dan mamin.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah calon jamaah haji menunggu giliran untuk menjalani tahap verifikasi data saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di Masjid Pusdai, Kota Bandung,
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah calon jamaah haji menunggu giliran untuk menjalani tahap verifikasi data saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di Masjid Pusdai, Kota Bandung,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung melalui bagian kesejahteraan menganggarkan Rp 700 juta untuk kegiatan ibadah haji tahun 2022. Anggaran tersebut digunakan untuk biaya transportasi calon jamaah haji ke embarkasi di Bekasi dan makan dan minum.

Kabag Kesra Setda Pemkot Bandung Momon Ahmad Imron mengatakan, pihaknya memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Kewajiban tersebut tertuang di undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh serta peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2022.

"Jadi yang dibebankan kepada pemerintah daerah adalah penyediaan transportasi dan pemberangkatan ke embarkasi pulang dan pergi termasuk makan minum selama perjalanan dan pemulangan," ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Dia mengungkapkan, menyiapkan anggaran untuk transportasi dan makan minum calon jamaah haji melalui hibah Kementerian Agama (Kemenag). Total bus yang disiapkan untuk 1.116 orang calon jamaah haji sebanyak 70 bus.

Jumlah tersebut menurun dibandingkan sebelum pandemi yang bisa mencapai 150 bus untuk 2.400 orang lebih. Anggaran pada kondisi normal bisa mencapai Rp 1,5 miliar sedangkan saat ini Rp 700 juta.

"Kalau sekarang sudah dihitung diperlukan anggaran Rp 700 juta," katanya. Ia menambahkan, keberangkatan calon jamaah haji ke Arab Saudi secara nasional mulai berlangsung awal Juni.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung mengungkapkan kuota haji untuk warga Kota Bandung tahun 2022 sebanyak 1.116 orang. Angka tersebut relatif menurun dibandingkan pada kondisi normal sebelum pandemi yang bisa mencapai 2.427 orang.

"1.116 kuota haji, menurun karena tahun ini kuotanya terbatas hanya 46,5 persen yang bisa berangkat. Kalau jumlah kuota normal 2.427," ujar Kepala Kemenag Kota Bandung Tedi Ahmad Junaedi saat dikonfirmasi, Jumat (13/5/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement