Jumat 13 May 2022 13:38 WIB

Golkar-PAN-PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu

Koalisi bentuk komitmen ketiga partai membangun ide demi mewujudkan kesejahteraan.

Ketua DPP Parta Golkar Ace Hasan Syadzily.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Ketua DPP Parta Golkar Ace Hasan Syadzily.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersepakat melakukan kerja sama politik untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Ketiganya menyebutnya sebagai Koalisi Indonesia Bersatu.

"Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu," ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily lewat keterangannya, Jumat (13/5).

Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu, jelas Ace, adalah bentuk komitmen ketiga partai untuk membangun ide demi mewujudkan kesejahteraan rakyat. Apalagi Partai Golkar, PAN, dan PPP telah memiliki pengalaman dalam dinamika politik dan pemerintahan.

Pemilu 2019 harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Bahwa pembelahan sosial dan polarisasi tak boleh kembali terjadi pada 2024.

Hal itulah yang berusaha dicegah oleh Partai Golkar, PAN, dan PPP. "Kami ingin pemilu menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record, dan prestasi," ujar Ace.

"Tujuan kita satu, menjadikan Indonesia yang lebih makmur, lebih kaya, dan lebih maju di masa depan. Kalaupun ada persaingan, maka bentuknya harus friendly competition," sambung Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu.

Sebelumnya, Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan PPP menggelar pertemuan pada Kamis (12/5) malam. Hasilnya, ketiga partai bersepakat untuk bekerja sama untuk agenda politik Pemilu 2024.

"Ini merupakan kumpulan pengalaman bersama dan tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan. Termasuk dalam Pemilu nanti di 2024," ujar Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto  di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (12/5).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. Karenanya, butuh kebersamaan antara ketiga partai politik untuk membangu negara ke arah yang lebih baik.

Tindak lanjut pertemuan malam ini akan merumuskan gagasan-gagasan baru. Agar Indonesia bersatu dan berdaulat, sehingga menjadi negara yang maju. "Itulah gagasan yang kita bangun, Golkar, PPP, dan PAN, mudah-mudahan ini jadi awal bagi nanti teman-teman lain. Bersama-sama membangun negeri merah putih yang kita cintai maju lagi," ujar Zulkifli.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement