Dinkes Kota Depok Siap Berikan Layanan Kesehatan Kasus Hepatitis Akut

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati. | Foto: Dok Pemkot Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan beri layanan kesehatan untuk menangani kasus hepatitis akut yang sedang merebak di berbagai daerah. Penanganan yang dilakukan petugas tentunya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), kemampuan, dan kewenangan yang berlaku.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, di Kota Depok terdapat 38 puskesmas dan 24 rumah sakit. Termasuk, klinik dan praktik mandiri yang siap melayani masyarakat yang terkena penyakit hepatitis akut.

"Sudah kami lakukan sosialisasi kepada seluruh pelayanan kesehatan, Insya Allah semuanya siap meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus hepatitis," ujar Mary saat menyampaikan materi dalam kegiatan webinar 'Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dini Lonjakan Kasus Hepatitis Akut' di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (13/5/2022).

Menurut Mary, jika ditemukan kasus hepatitis dengan gejala awal, petugas bakal melakukan pemeriksaan fungsi hati pasien. Dari 38 puskesmas di Kota Depok, sambung dia, terdapat 19 puskesmas yang memiliki layanan dan dapat melakukan pemeriksaan fungsi hati.

Di antara daftar 19 puskesmas, antara lain Puskesmas Pancoran Mas, Rangkapan Jaya, Cimanggis, Sawangan, Pasir Putih, Pengasinan, Cinangka, dan Limo. Selanjutnya, Puskesmas Sukmajaya, Abadijaya, Baktijaya, Beji, Tanah Baru, Cipayung, dan Cilodong.

Mary menuturkan, masyarakat uga bisa melakukan pemeriksaan fungsi hati di Puskesmas Cinere, Tapos, Bojongsari, dan Duren Seribu. "Kami juga lakukan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat dan lintas sektor untuk dapat berperan aktif melalui kesiapsiagaan di setiap lini menghadapi kasus hepatitis yang berpotensi meningkat," ucap Mary.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Dinkes Depok Sampaikan Kewaspadaan Lonjakan Kasus Hepatitis Akut

Tiga Klasifikasi Kasus Hepatitis Akut

RSPI Sulianti Saroso: Hepatitis Akut Akibat Efek Vaksinasi Covid-19 Itu Hoaks

Infografis Hepatitis Akut Misterius Mengusik Anak-Anak

Dinkes Kota Depok Waspadai Penyebaran Virus Hepatitis Misterius

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image