Polisi Ringkus Tiga Pelaku Pencurian Besi Rel Kereta Api di Cianjur

Red: Agus Yulianto

AKBP Doni Hermawan.
AKBP Doni Hermawan. | Foto: Republika/Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Petugas Patroli Polsek Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat, meringkus tiga orang pelaku pencurian besi rel kereta api. Selain pelaku, polisi juga menyita barang bukti delapan batang besi rel milik PT KAI yang diambil dari Stasiun Selajambe.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, mengatakan, tertangkapnya ketiga orang pelaku spesialis besi rel kereta api yang tidak terpakai itu, berawal dari kecurigaan petugas terhadap satu unit truk bernopol luar pulau yang melintas di Jalan Raya Bandung-Cianjur.

"Sehingga petugas mencoba mengikuti truk yang melaju kencang dari arah Sukaluyu menuju Bandung. Petugas menghentikan kendaraan yang membawa barang curian berupa besi rel kereta," katanya, Selasa (17/5/2022).

Besi beserta bantalan rel kereta diangkut enam orang pelaku, tiga orang di antaranya berhasil melarikan diri dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Cianjur, keterangan pelaku besi tersebut akan dijual di wilayah hukum Bandung.

Pelaku berinisial SM, N dan H, mengatakan baru pertama kali melakukan aksinya mencuri besi rel kereta yang masing-masing memiliki panjang 4,5 meter beserta bantalan yang tersimpan di area Stasiun Selajambe. Namun, polisi melakukan pendalaman guna mengungkap kasus lainnya.

"Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas," katanya.

Kapolres mengimbau, warga Cianjur untuk ikut serta menjaga keamanan dan kenyamanan wilayahnya masing-masing serta selalu waspada dan segera melapor jika mendapati kegiatan yang mencurigakan, agar cepat ditanggapi petugas di masing-masing jajaran polsek setempat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Polres Cianjur Berlakukan Sistem Satu Arah Menuju Bogor Mulai dari Puncak Pass

Polres Cianjur Buka Tempat Istirahat Pemudik di Puncak dan Haurwangi

Polres Cianjur Sarankan Pemudik Hindari Perjalanan Malam

Jelang Tahun Baru, Volume Kendaraan Jalur Puncak-Cianjur Meningkat 

WNA Penyiram Air Keras Istrinya Terancam Pasal Berlapis

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image