Flyover Kopo di Bandung Mulai Diujicoba Dilintasi Kendaraan

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Foto udara suasana area pembangunan Jembatan Layang (Flyover) Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022). Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat menyatakan, pembangunan Flyover Kopo yang memiliki panjang 1,3 kilometer dan lebar 18 meter tersebut telah mencapai 93 persen dan ditargetkan rampung sebelum September 2022 mendatang. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto udara suasana area pembangunan Jembatan Layang (Flyover) Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022). Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat menyatakan, pembangunan Flyover Kopo yang memiliki panjang 1,3 kilometer dan lebar 18 meter tersebut telah mencapai 93 persen dan ditargetkan rampung sebelum September 2022 mendatang. Foto: Republika/Abdan Syakura | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Flyover atau jembatan layang Kopo di Jalan Bypass Soekarno Hatta, Kota Bandung mulai diujicoba terhitung Kamis (19/5/2022) hingga satu pekan ke depan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kondisi jalan dan memastikan apakah terdapat kendala.

"Itu (flyover) dalam rangka uji coba satu pekan dari Polsek Bojongloa Kidul," ujar Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara saat dikonfirmasi, Kamis (19/5/2022).

Dia mengatakan, uji coba flyover Kopo dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya kendaraan dari arah barat ke timur. "Dua arah (uji cobanya)," katanya. 

Asep mengatakan, uji coba flyover Kopo hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan tidak tiap hari. Kata dia, uji coba dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi friksi antara ban dengan jalan. Termasuk, apabila kendaraan tengah berjalan menurun dari flyover mengalami kendala.

"Uji coba dalam rangka satu apakah friksi antara ban dengan jalan bagaimana. Dua bilamana ada turunan ada kendala nggak," katanya. 

Hasil uji coba, dia mengatakan, belum diperoleh. Sebab, masih berlangsung untuk satu pekan ke depan.

Asep melanjutkan, pembangunan Flyover Kopo sudah mencapai 90 persen lebih dan hanya tersisa pemasangan penerangan jalan umum dan rambu-rambu.

Sebelumnya, Flyover Kopo sempat diprediksi dapat dipakai pada momen Lebaran 1443 Hijriah kemarin. Namun, perkiraan tersebut meleset sebab masih terdapat proses pembangunan yang masih dikerjakan oleh pengembang.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap, keberadaan flyover Kopo dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Bypass Soekarno Hatta. Ke depan pihaknya tengah merencanakan pembangunan Flyover di Kiaracondong.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Progres Pembangunan Jembatan Layang Kopo Capai 93 Persen

Pembangunan Flyover Kopo Hingga Underpass Cibiru akan Dikebut

Flyover Kopo Ditargetkan Rampung April

Progres Pembangunan Jembatan Layang Kopo Capai 80 Persen

Lintas Atas Kopi Ditargetkan Selesai Sebelum Lebaran 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image