Rabu 01 Jun 2022 07:03 WIB

Pemkot Bandung Atur Kapasitas Penonton untuk Turnamen Pramusim Liga 1

Turnamen itu akan dilakukan jika pemerintah sudah memperbolehkan dihadiri penonton.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Pendopo Wali Kota Bandung.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Pendopo Wali Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengungkapkan akan melakukan pengaturan kapasitas penonton pada kompetisi turnamen pramusim jelang liga 1 tahun 2022/2023. Rencana tersebut akan dilakukan jika pemerintah sudah memperbolehkan pertandingan boleh dihadiri penonton.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku, sudah melakukan pertemuan dengan tim satgas penanganan Covid-19. Pihaknya memperkirakan pertandingan akan dihadiri oleh para penonton di tengah kasus yang melandai.

"Jadi ini kan juga kemungkinan mau ada boleh jadi penonton, saya sudah panggil ketua harian satgas coba dibicarakan seperti apa. Kalau boleh, kemungkinan jumlah coba kita atur seperti konser outdoor, indoor dan acara mice di hotel," ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Dia mengimbau, apabila pertandingan sepakbola diperbolehkan dihadiri penonton diharapkan mereka yang datang dalam kondisi sehat. Selain itu, menerapkan protokol kesehatan.

"Yang pasti jika ke Bandung dipastikan sehat terus kita yang orang Bandung juga prokes lah ya Insya Allah," katanya. 

Selain itu ketertiban dan penggunaan aplikasi pedulilindungi harus dijalankan. Yana menyambut baik rencana pertandingan dihadiri penonton yang menandakan pandemi segera berubah menjadi endemi. 

Dia mengaku, rindu untuk menonton pertandingan sepakbola di stadion. "Ya Insya Allah lah mudah-mudahan dengan melandainya pandemi sudah mendekati endemi. Mudah-mudahan berbagai aktivitas bisa kembali dimulai. Ya rindu atuh, ingin cepat nonton di stadion," katanya.

Sebelumnya, Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan, turnamen pramusim merupakan hal yang biasa sebelum kompetisi dimulai. "Tentunya ini adalah hal yang biasa dilakukan selama pramusim," kata Akhmad.

Format turnamen sama seperti turnamen di musim-musim sebelumnya. Pada babak grup akan dibagi menjadi empat grup yang berisi 4-5 klub. Empat klub tuan rumah selama babak grup adalah Persis Solo, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC. 

Dua besar dari setiap grup akan bertanding di babak delapan besar. Pada babak ini akan diterapkan format single match yang bertempat di markas tim yang menjadi juara grup.

Nantinya empat pemenang akan bertemu di semifinal dengan format tandang dan kandang. Pada babak final, akan kembali diterapkan format kandang dan tandang pada 14 dan 17 Juli 2022.  

Berikut hasil undian babak grup turnamen pramusim Liga 1 2022.

Grup A: Persis Solo, PSIS Semarang, Martapura Dewa United, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.

Grup B: Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, Rans Cilegon FC, dan Madura United.

Grup C: Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya.

Grup D: Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement