Alfatihah dan Doa Bagi Eril dari Ratusan Calhaj Majalengka

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Fuji Pratiwi

Sejumlah jamaah calon haji melakukan proses tawaf saat manasik haji (ilustrasi). Doa untuk Emmeril Khan Mumtadz atau akrab disapa Eril, terus mengalir dari berbagai kelompok masyarakat. Di Kabupaten Majalengka, doa bagi putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu dilantunkan oleh ratusan calon jamaah haji (calhaj).
Sejumlah jamaah calon haji melakukan proses tawaf saat manasik haji (ilustrasi). Doa untuk Emmeril Khan Mumtadz atau akrab disapa Eril, terus mengalir dari berbagai kelompok masyarakat. Di Kabupaten Majalengka, doa bagi putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu dilantunkan oleh ratusan calon jamaah haji (calhaj). | Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA – Doa untuk Emmeril Khan Mumtadz atau akrab disapa Eril, terus mengalir dari berbagai kelompok masyarakat. Di Kabupaten Majalengka, doa bagi putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu dilantunkan oleh ratusan calon jamaah haji (calhaj).

Lantunan doa itu dipanjatkan oleh para calon Tamu Allah SWT di sela kegiatan Bimbingan Manasik Haji Reguler 1443 H/2022 M Tingkat Kabupaten Majalengka, di Gedung Islamic Centre setempat, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga

Doa dipimpin langsung oleh Bupati Majalengka, Karna Sobahi. Sebanyak 533 calhaj beserta para tamu undangan melantunkan Alfatihah dan mengaminkan lantunan doa agar upaya pencarian terhadap Eril diberi kemudahan dan Eril segera ditemukan dalam keadaan selamat.

"Upaya pencarian terhadap ananda Eril sampai sekarang masih terus dilakukan. Saya memohon doa dengan penuh keihklasan, dari Bapak dan Ibu calon jemaah haji Majalengka agar Ananda Eril segera ditemukan dalam kondisi selamat, Alfatihah," tutur Karna.

Lantunan surat Alfatihah pun langsung menggema di Gedung Islamic Centre. Ratusan calhaj asal Majalengka yang mengenakan seragam putih-putih itu dengan khusyuk melangitkan doa bagi Eril.

"Terima kasih atas doanya. Semoga putera Pak Gubernur segera ditemukan. Dan Pak Gubernur bersama keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan," tutur Karna.

Sementara itu, dalam kegiatan bimbingan manasik tersebut, Karna juga mengingatkan para calhaj untuk senantiasa menjaga kesehatan lahir dan batin. Apalagi, pelaksanaan haji tahun ini belum normal sepenuhnya karena masih dibayangi pandemi Covid-19.

"Para calon jamaah haji juga jangan lupa memahami rukun, sunah serta larangan haji dan umrah, agar mendapatkan predikat haji yang mabrur," kata Karna.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka, Mulyadi, menjelaskan, sebanyak 533 calhaj asal Kabupaten Majalengka itu terbagi menjadi dua kelompok penerbangan (kloter). Yakni, kloter 11 yang terdiri dari 404 orang. Mereka masuk gelombang I dan akan berangkat pada 11 Juni 2022.

Selain itu, kloter 39 yang terdiri dari 129 orang. Mereka masuk gelombang II dan akan berangkat pada 29 Juni 2022. Mereka akan digabung dengan calhaj dari Kabupaten Bogor.

"Terima kasih kepada Pemkab Majalengka yang telah peduli dan memberikan perhatian yang luar biasa bagi calon jamaah haji Majalengka," tandas Mulyadi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Jemaah Calon Haji Sukabumi Mendapat Enam Kali Bimbingan Ibadah Haji

Calon Haji Kabupaten Bekasi Mulai Jalani Bimbingan

Pencarian Eril Libatkan Komunitas di Sekitar Sungai Aare

Tips Jaga Kondisi Kesehatan Sebelum dan Saat Berhaji

Calhaj Kloter I Masuk Embarkasi Padang Mulai 3 Juni 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image