Calhaj Asal Ciamis Diminta Persiapkan Kondisi Fisik

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji di Gedung Islamic Center, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). Pemerintah menetapkan kuota haji pada tahun 2022 sebanyak 100.051 orang yang terdiri dari 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus, dengan batas usia di bawah 65 tahun dan sudah mendapat layanan vaksin sesuai ketentuan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi.
Sejumlah jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji di Gedung Islamic Center, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). Pemerintah menetapkan kuota haji pada tahun 2022 sebanyak 100.051 orang yang terdiri dari 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus, dengan batas usia di bawah 65 tahun dan sudah mendapat layanan vaksin sesuai ketentuan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi. | Foto: ANTARA/Adeng Bustomi

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS -- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka secara resmi bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (1/6/2022). Dalam bimbingan itu, Herdiat mengingatkan kepada para calon jamaah haji (calhaj) untuk menjaga kesehatan, terutama mempersiapkan fisik dalam melaksanakan ibadah haji.

"Ibadah haji memerlukan fisik yang kuat dan prima agar bapak ibu dapat melaksanakan semua rangkaian ibadah haji yang telah disyariatkan dengan baik dan lancar," kata dia melalui keterangan resmi, Rabu.

Baca Juga

Ia menilai, kondisi fisik yang prima merupakan hal yang harus dipersiapkan. Mengingat, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sedang musim panas. Karena itu, perlu kesiapan fisik yang benar-benar kuat. Ia berharap, para calhaj asal Kabupaten Ciamis bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan lancar.

Herdiat mengatakan, sudah dua tahun lamanya pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji akibat adanya pandemi. Baru tahun ini pemberangkatan calhaj kembali dilakukan.

"Bapak ibu patut bersyukur karena banyak sekali saudara-saudara kita yang belum mendapatkan kesempatan berangkat melaksanakan ibadah haji, apalagi saat ini ada ketentuan batasan usia," kata dia.

Menurut dia, ibadah haji adalah undangan Allah khusus pada hamba-Nya. Tidak semua orang dapat berangkat, meskipun mampu dan punya uang.

Ia mencontohkan, pada momen keberangkatan tahun ini, banyak orang yang sehat dan punya uang. Namun, mereka belum bisa berangkat menunaikan ibadah haji lantaran terkendala batasan usia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Ciamis Asep Lukman Hakim, mengatakan, terdapat 508 calhaj asal Ciamis yang akan berangkat pada musim haji 1443 H. Sebanyak 223 laki-laki dan 285 perempuan.

"Untuk kabupaten Ciamis pemberangkatan dibagi kedalam 2 kloter yaitu kloter 22 dan kloter 34," kata dia.

Ia menyebutkan, kloter pertama dari Ciamis dijadwalkan berangkat pada 17 Juni 2022. Sementara kloter kedua akan berangkat pada 28 Juni 2022, bergabung dengan calhaj asal Kabupaten Pangandaran dan Bogor.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Alfatihah dan Doa Bagi Eril dari Ratusan Calhaj Majalengka

Calhaj Asal Bogor Ikuti Manasik Haji di Lapangan Tegar Beriman

32 Calhaj Maluku Tenggara Ikuti Manasik Haji

Kemenag Ambon Segera Gelar Manasik Haji

Calhaj Diminta Rutin Minum Air Putih, Kemenkes: Jangan Tunggu Haus

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image