Kamis 02 Jun 2022 03:17 WIB

Kelola 15 Ribu Pekerja Proyek, GM KPI RU VI: Covid-19 Terkendali

Terkendalinya Covid-19 terlihat dengan kosongnya ruang isolasi di RS Pertamina Balong

Pekerja proyek pemeliharan kilang RU VI Balongan tengah menjalani tes swab antigen.
Foto: Istimewa
Pekerja proyek pemeliharan kilang RU VI Balongan tengah menjalani tes swab antigen.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Proyek Pemeliharaan Kilang (Turn Around) yang dilaksanakan di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI)  Refinery Unit VI Balongan pada awal Maret hingga akhir April 2022 lalu, merupakan sejarah tersendiri bagi Pertamina.

Hal ini dikarenakan, proyek tersebut dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 dan melibatkan hampir 15 ribu tenaga kerja. Jumlah ini merupakan yang terbanyak yang pernah diserap pada proyek-proyek yang dilaksanakan di lingkungan Pertamina.

Meskipun dilaksanakan di masa pandemi, Covid-19 di Pertamina RU VI Balongan berhasil dikendalikan berkat penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat terhadap seluruh pekerja yang terlibat, baik terhadap pekerja Pertamina, maupun pekerja kontraktor.

General Manager PT KPI RU VI Balongan Diandoro Arifian mengatakan, keberhasilan mengendalikan penyebaran Covid-19 di RU VI pada masa pemeliharaan Kilang Balongan (Turn Around) ini, tidak terlepas dari kerja keras tim satuan tugas pengendali Covid serta tim bagian health RU VI. Terutama dalam mengawal setiap pekerja agar melakukan vaksin lengkap sebelum Turn Around (TA), dan melakukan random cek swab antigen setiap hari selama TA berlangsung.

 

“Alhamdulillah, meskipun ribuan orang melakukan interaksi di area kilang, kita patut bersyukur tidak terjadi penyebaran Covid di RU VI, bukan hanya itu saja kecelakaan kerja juga tidak ada terjadi”, tegas GM

Section Head Health PT KPI RU VI dr Bernardo L Tobing di kesempatan berbeda mengatakan, selama proyek pemeliharaan berlangsung, bagian health RU VI menggandeng 450 orang tenaga medis yang setiap harinya melakukan screening kesehatan kepada seluruh pekerja sebelum memasuki area kilang. Serta, turut meng-hire Covid Inspector dari tenaga external yang bertugas mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

“Setiap hari selama Turn Around kita lakukan random cek swab test, dan hasilnya tidak ditemukan kasus positif Covid-19, hasil antigennya semua negative selama Turn Around berlangsung,” ungkap dr Bernardo.

Dia menambahkan, nol kasus positif Covid-19 di lingkungan Pertamina RU VI Balongan juga tetap bertahan hingga proyek pemeliharaan kilang Balongan selesai. Bahkan hingga akhir Mei 2022, juga masih tercatat belum ada ditemukan positif Covid-19.

Terkendalinya penyebaran Covid-19 di RU VI juga terlihat dengan kosongnya ruang isolasi di Rumah Sakit Pertamina Balongan hingga tidak adanya kegiatan tracing covid di lingkungan Kilang Pertamina Balongan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement