Kamis 09 Jun 2022 12:15 WIB

Penonton Piala Presiden di Stadion GBLA Harus Sudah Booster

Pihak panitia menyediakan gerai vaksinasi booster di Stadion GBLA.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah warga menunggu giliran untuk menjalani tahap verifikasi dan pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. (Ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah warga menunggu giliran untuk menjalani tahap verifikasi dan pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung memastikan kegiatan pertandingan Piala Presiden di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bisa dihadiri penonton dengan kapasitas maksimal 75 persen. Mereka yang datang untuk menyaksikan pertandingan harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 booster dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Ya, harus sudah divaksin booster, nanti ada gerai di sana," ujar Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron, belum lama ini.

Dia menuturkan, kapasitas penonton yang boleh berada di stadion diatur 75 persen. Namun, dia menjelaskan, aturan secara teknis atau rekomendasi terkait jumlah penonton di stadion dikeluarkan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung.

Rekomendasi dikeluarkan untuk cabang olahraga lainnya, seperti bola basket dan voli. "Isi rekomendasi dia yang akan menentukan kapasitas berapa. Misalnya GBLA ada berapa kapasitas penonton itu harus diterbitkan dari Dispora," katanya.

Asep mengatakan, pemerintah pusat memperbolehkan penonton menghadiri stadion 100 persen, namun pihaknya memilih hanya 75 persen. Sebab, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan pihaknya mengutamakan kehati-hatian.

"Itu (75 persen) menjadi kebijakan pemerintah kita kan sama dengan yang lain dulu di Inmendagri 75 persen kita kapasitas tidak berdasarkan persentase tapi jumlah orang yang jelas tidak melebihi persentase yang ditetapkan," katanya

Dia menegaskan, pandemi Covid-19 belum berakhir sebab kasus masih terjadi di Kota Bandung meski terkendali. Kapasitas 75 persen dari total kursi penonton di Stadion GBLA pun dianggap sudah banyak.

"Kan pandemi belum berakhir walau kita posisi level satu, saya cek tiap hari masih ada kasus. Ini sifat kehati-hatian, kalau dilihat 75 persen kapasitas GBLA penuh juga," ungkapnya.

Sejauh ini, dia mengatakan, pihak pengelola pertandingan belum mengajukan permohonan terkait pertandingan boleh dihadiri penonton. Namun, dia memastikan, protokol kesehatan harus dilaksanakan dan vaksinasi serta aplikasi PeduliLindungi.

"Kita buka gerai (vaksinasi)," katanya. Stadion GBLA menjadi salah satu tuan rumah Piala Presiden. Pertandingan akan dimulai pada Ahad (12/6/2022) mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement