Bandung Delarasikan Diri Jadi Kota Ramah Lansia

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus Yulianto

Wali Kota Bandung Yana Mulyana memberikan doorprize sepeda saat Peringatan Hari Lanjut Usia (lansia) Nasional Tingkat Kota Bandung 2022, di Plaza Balai Kota Bandung, Kamis (9/6). Acara yang bertajuk Lanjut Usia Sehat, Indonesia Kuat, Bandung Giat ini diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya Deklarasi Bandung Ramah Lanjut Usia dengan komitmen di antaranya mendukung aksebilitas layanan publik yang ramah lansia, memberikan perlindungan terhadap lansia dari kekerasan, diskriminasi dan perlakukan salah lainnya, serta mewujudkan Kota Bandung yang aman, bersih dan inklusif bagi lansia.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana memberikan doorprize sepeda saat Peringatan Hari Lanjut Usia (lansia) Nasional Tingkat Kota Bandung 2022, di Plaza Balai Kota Bandung, Kamis (9/6). Acara yang bertajuk Lanjut Usia Sehat, Indonesia Kuat, Bandung Giat ini diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya Deklarasi Bandung Ramah Lanjut Usia dengan komitmen di antaranya mendukung aksebilitas layanan publik yang ramah lansia, memberikan perlindungan terhadap lansia dari kekerasan, diskriminasi dan perlakukan salah lainnya, serta mewujudkan Kota Bandung yang aman, bersih dan inklusif bagi lansia. | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung resmi menyandang status baru sebagai Kota Ramah Lanjut Usia (Lansia). Peresmian gelar baru tersebut dilakukan di Balai Kota Bandung pada Kamis (9/6/2022) dan dibacakan langsung oleh Sekretaris Komisi Daerah (Komda) Lansia Kota Bandung Ati Anjarahman dan Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota bandung Lili Suwarli Abdullah.  

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, deklarasi Bandung Kota Ramah Lansia ini sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2021 tentang Lansia. Menurutnya, sebagai kota ramah lansia, Kota Bandung telah memiliki beragam program yang berfokus pada jaminan kesejahteraan para lansia. 

“Lansia juga memiliki peran penting dalam pembangunan Kota Bandung. Kami telah memiliki komda lansia sejak tahun 2017 dan berbagai upaya lain untuk mensejahterakan lansia," kata Yana.

Salah satu program yang diunggulkan Pemerintah Kota Bandung untuk lansia adalah sekolah lansia yang telah berdiri di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Antapani, Sukajadi, Ujung Berung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, dan Astana Anyar. Melalui sekolah lansia ini, Pemkot Bandung berupaya memfasilitasi layanan kesehatan dan mengantisipasi gejala penyakit yang dapat membahayakan para lansia. 

Tak hanya itu, di bidang transportasi, Pemkot Bandung juga memiliki program tarif Rp 1 kepada lansia veteran, sekaligus membuka taman publik untuk lansia agar dapat beraktifitas dengan nyaman dan aman. Yana berharap, dengan menjadi kota ramah lansia, kesejahteraan masyarakat khususnya para lansia di kota Bandung akan semakin meningkat. Dengan upaya yang telah dilakukan itu, Kota Bandung bisa menjadi kota ramah lansia sebab infrastruktur yang dibangun ini telah ramah lansia.

“Mudah-mudahan ini semua menunjukan komitmen Pemerintah Kota kepada Lansia sehingga mereka bisa tetap produktif tetap mandiri dan sehat,” ucapnya. 

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Tono Rusdiantono Hendroyono mengatakan, deklarasi Bandung Ramah Lansia ini merupakan bagian dari Peringatan Hari Lansia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei. "Peringatan HLUN ini dapat menjadi momentum bagi kita menjalankan amanat Perda, dan pemenuhan hak hak pada lansia. Kontribusi nyata pada perwujudan Bandung ramah lanjut usia," kata Tono.

Dia mengungkapkan, Kota Bandung telah memenuhi berbagai indikator sebagai Kota Ramah Lansia, mulai dari infrastuktur hingga fasilitas penunjang yang aman untuk lansia. Karena itu, Pemkot Bandung terus mengupayakan agar seluruh gedung sarana dan prasarana dapat memiliki fasilitas dan layanan yang ramah lansia, mulai dari layanan pembayaran pajak hingga pelayanan di rumah sakit.

“Fasilitas di perbankan juga kita sudah mulai upayakan agar mereka (lansia) antri terlalu lama, dan bisa didahulukan,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kapasitas Ruang Publik Masih Dibatasi 75 Persen di Bandung Meski PPKM Level 1

Nasib Pegawai Honorer Menjadi Outsourcing, Wali Kota: Masih Dirapatkan

Pos Sehat Lansia LKC Dompet Dhuafa,Cegah Frailty Melalui Model Pemberdayaan

Pemkot Bandung Lakukan Pemetaan Terkait Penghapusan Tenaga Honorer

Pemkot Bandung Atur Kapasitas Penonton untuk Turnamen Pramusim Liga 1

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image