Siswa dari 51 Sekolah akan Lantunkan Shalawat di Sepanjang Jalur ke Pemakaman Eril

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin

Warga terus berdatangan ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan, Kota Bandung, untuk menyampaikan belasungkawa dan doa, Ahad (12/6). Diperkirakan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz atau Eril akan tiba di Gedung Pakuan, Ahad (12/6) malam, dan dimakamkan hari Senin (13/6) di Cimaung, Kabupaten Bandung.
Warga terus berdatangan ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan, Kota Bandung, untuk menyampaikan belasungkawa dan doa, Ahad (12/6). Diperkirakan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz atau Eril akan tiba di Gedung Pakuan, Ahad (12/6) malam, dan dimakamkan hari Senin (13/6) di Cimaung, Kabupaten Bandung. | Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Putra Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, almarhum Emmeril Khan Mummtadz atau Eril, terus bertabur ucapan belasungkawa dan doa, termasuk dari pelajar. Para pelajar rencananya memberikan doa dan melantunkan shalawat kepada almarhum Eril di sejumlah titik jalan dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, menuju pemakaman. 

Rencananya jenazah Eril akan dimakamkan di lahan milik keluarga yang berada di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022), pukul 09:00 WIB. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi, pihaknya mendapatkan aspirasi dari forum siswa, komunitas pelajar, maupun organisasi yang hendak mendoakan Eril. Mereka akan berdiri di sejumlah titik dalam rute yang akan dilalui jenazah Eril menuju makam.

"Jadi ada aspirasi dari komunitas pelajar maupun organisasi. Mereka akan memberikan penghormatan, mendoakan dan shalawat kepada jenazah ananda Eril di sepanjang rute perjalanan menuju makam," ujar Dedi Supandi, Ahad (12/6/2022). 

Dedi pun mempersilakan bilamana ada siswa dan siswi yang akan menyambut dan memberikan penghormatan untuk jenazah Eril menuju pemakaman. Khususnya, untuk pelajar di sekolah yang masuk dalam rute iring-iringan pengantar jenazah Eril. 

"Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jabar," katanya.

Namun, Dedi berharap agar siswa dan siswi dapat tertib ketika menyambut jenazah Eril. 

"Mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah," katanya.

Menurutnya, almarhum Eril pantas menjadi panutan bagi siswa dan siswi, baik dari segi akademik maupun pribadinya. Karena itu, pula yang menjadi alasan dari siswa maupun siswi mengajukan aspirasi untuk menyambut jenazah diperjalanan sebagai penghormatan terakhir.

"Karena kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk safety," papar Dedi. 

Dedi mengatakan, mengantarkan dan memberikan penghormatan kepada jenazah tidak hanya dianjurkan dalam agama. Tapi juga, sebagai indikasi pemahaman atas kehidupan sosial.

"Saya berharap siswa siswi dapat memberikan doa yang terbaik untuk ananda Eril. Dan tentunya, mendoakan keluarga Pak Gubernur agar senantiasa diberikan ketabahan dan kekuatan," katanya. 

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah menyiapkan rute pemberangkatan jenazah Eril dari Gedung Pakuan menuju Cimaung. 

Lebih dari 51 sekolah, kata dia, baik SMA, SMK dan SLB di Jabar Akan Berdoa Untuk Eril di Sepanjang Jalan Menuju Pemakaman

Dedi Supandi menjelaskan, siswa siswi dari 51 sekolah akan melantunkan doa di sepanjang rute yang akan dilalui oleh jenazah Eril menuju pemakaman. Sebanyak 51 sekolah itu yaitu SMA, SMK maupun SLB yang berada di Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

Diketahui, jenazah Eril rencananya akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan menuju Cimaung Kabupaten Bandung. Adapun rute yang akan dilawati, yaitu mulai Jalan Wastukencana menuju Tol Pasteur kemudian masuk Tol Seroja dan langsung ke Cimaung, Kabupaten Bandung.

Adapun yang akan terlibat di wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi terdiri dari 17 sekolah. Siswa dan siswi dari 17 sekolah tersebut, di antaranya akan melantukna doa untuk Eril di sekitar Gedung Pakuan-Jalan Kebon Kawung- Jalan Pasirkaliki sampai pintu Tol Pasteur.

"Nanti setelahnya, kaluar di pintu tol Soreang menuju Banjaran, Pangalengan hingga Cimaung ada 34 sekolah," ungkap Dedi.

 

Berikut ini 17 sekolah di Kota Bandung dan Kota Cimahi yang akan mendoakan Eril di sepanjang Jalan menuju pemakaman, yaitu : 

1. SMKN 9 Bandung

2. SLBN Cicendo

3. SMKN 2 Bandung

4. SMKN 10 Bandung

5. SMKN 13 Bandung

6. SMAN 21 Bandung

7. SMKN 3 Bandung

8. SMAN 19 Bandung

9. SMKN 12 Bandung

10. SMKN 1 Bandung

11. SMKN 15 Bandung

12. SLBN A Citeurup 

13. SMKN 8 Bandung

14. SMK Cipta Skill

15. SMAN 2 Cimahi

16. SMKN 1 Cimahi

17. SMAN 3 Cimahi

Sedangkan 34 sekolah di Kabupaten Bandung yang akan hadir, yaitu: 

1. SMKN Katapang

2. SMK Penida 1

3. SMK Penida 2

4. SMK Soreang Putra

5. SLB Cinta Asih Soreang

6. SMKN 1 Soreang

7. SMAN 1 Soreang

8. SMK Merdeka

9. SMA Merdeka

10 SMA PGRI Banjaran

11. SMAN Banjaran

12. SMA Pasundan 1 Banjaran

13. SMK Pasundan 1 Banjaran

14. SMK Pasundan 2 Banjaran

15. SMA Pasundan 2 Banjaran

16. SMA Handayani Banjaran

17. SMK Handayani Banjaran

18. SMA Yumik Banjaran

19. SMA Bakti Kencana Soreang

20 SMK Bakti Kencana Soreang

21. SMK Perintis

22. SMK Brosa

23. SMK Baknus Arjasari

24. SMK Pratama Adi

25. SMK Banjarasri

26. SMK Banjarasri

27. SMA Sapta Darma

28. SMAN Katapang

29. SMA Bakti Mulya

30. SMA Pemuda Banjaran

31. SLB Al Fitri

32. SLB Mitahul Falah

33. SLB YPLAB

34. SLB Al Huda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Jenazah Eril Tiba di Indonesia, Para Menteri Jokowi Hadir

Erick Thohir dan Pratikno Hadiri Prosesi Serah Terima Jenazah Eril ke Pihak Keluarga

Jenazah Eril Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Pemprov Jabar sampaikan permohonan maaf terkait pemakaman Eril

Rumah Dinas Gubernur Jabar Ramai Didatangi Warga

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image