Ahad 12 Jun 2022 18:27 WIB

Kebutuhan Darah di Garut Mencapai Dua Ribu Labu per Bulan

Kebutuhan darah di Kabupaten Garut setiap bulannya mencapai 2.000 labu.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Beberapa karyawan RKM Garut melakukan donor darah yang dilaksanakan di RKM Garut, Jalan Otista, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Ahad (12/6/2022).
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut
Beberapa karyawan RKM Garut melakukan donor darah yang dilaksanakan di RKM Garut, Jalan Otista, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Ahad (12/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut bekerja sama dengan sebuah ritel menyelenggarakan kegiatan donor darah di RKM Garut, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Ahad (12/6/2022). Kegiatan itu bertujuan untuk menambah stok darah di daerah itu.

Ketua Harian PMI Kabupaten Garut, Ade Koswara, mengatakan, kebutuhan darah di Kabupaten Garut setiap bulannya mencapai 2.000 labu. Karena itu, masih diperlukan kegiatan donor darah untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Baca Juga

"Untuk itu kami mengajak semua elemen masyarakat, dinas atau instansi untuk tetap melaksanakan kegiatan donor darah, baik yang dikoordinir oleh instansi, termasuk dari sektor swasta seperti ini," kata dia, Ahad.

Menurut dia, donor darah memiliki banyak manfaat. Selain untuk menbantu memenuhi stok darah di PMI, donor darah diyakini dapat menyehatkan pendonor.

"Intinya donor darah itu sehat, (karena) darah kita selalu berganti. Mangkanya setiap tiga bulan sekali mari kita berdonor untuk menjaga kesehatan tubuh kita," kata dia.

Sementara itu, Store Manager RKM Garut, Hendrix Christian, mengungkapkan, acara donor darah itu dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-9 RKM Garut. Dalam kegiatan ini, pihaknya menargetkan kurang lebih 60 labu darah dapat terkumpul. Selain melibatkan seluruh karyawan, RKM Garut juga turut mengundang masyarakat sekitar untuk ikut mendonorkan darahnya.

"Harapan kami kegiatan ini ke depannya itu bisa terus berlanjut," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement