Kamis 16 Jun 2022 15:06 WIB

Ridwan Kamil dan Atalia Hadiri Wisuda Zara, Ini Pesan Pentingnya

Ada empat poin yang bisa diterapkan wisudawan untuk bersaing di internasional.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya.
Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil kembali bekerja setelah sebelumnya mengajukan izin untuk mengurus pemakaman anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin lalu (13/6). 

Hari pertama beraktivitas, Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil mengantar wisuda anak keduanya Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab disapa Zara di SMAN 3 Bandung. Emil datang bersama istrinya Atalia Praratya. 

Emil menyampaikan beberapa pesan penting pada wisudawan. Terutama, tentang tantangan ekonomi digital dan penyesuaian dengan perkembangan zaman. 

"Ekonomi digital saat ini harus dikuasai, dulu Handpone hanya alat komunikasi. Sekarang jadi alat produksi, bisa nyari kerjaan, baca koran, dan semua itu kini harus dikuasai," ujar Emil, Kamis (16/6). 

 

Emil juga meminta para wisudawan SMAN 3 Kota Bandung bisa bersaing dengan anak muda dari negara lain dengan menguasai beberapa indikator tertentu. Sedikitnya, ada empat poin yang dikatakannya bisa diterapkan wisudawan untuk bersaing di internasional. 

"Fisik harus sehat, kalau badan kuat jangan ada lagi stuting. Setelah itu IQ harus cerdas, itu baru seperempat, ketiga adalah ahlak, rajin minta maaf dan berbagi. Terakhir spiritual, ini juga penting," paparnya. 

Selain memberi pesan pada wisudawan, Emil juga sedikit bernostalgia dengan menceritakan prestasinya yang pernah dilalui di SMAN 3 Bandung. Emil mengungkapkan, bahwa dirinya sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement