Jamin Amankan UAS, Kapolres Ingin Kabupaten Bogor Tetap Kondusif

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.
Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin. | Foto: Republika/Shabrina Zakaria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aparat gabungan siap menjamin keamanan pelaksanaan tabligh akbar yang dihadiri Ustadz Abdul Somad di Masjid Perumahan Citra Indah City, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor pada Jumat (17/6/2022) malam WIB. Pengamanan itu dilakukan oleh personel Polres Bogor dan Polsek Jonggol.

"Kami menyiapkan pengaman kegiatan tersebut, Bogor tetap kondusif," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin ketika dikonfirmasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022).

Rencana kedatangan UAS sempat mendapatkan penolakan dari sekelompok warga. Sebuah video yang viral di media sosial (medsos) menunjukkan, sebanyak 14 orang membaca ikrar berisi penolakan kehadiran UAS di Perumahan Citra Indah City. Mereka menamakan dirinya sebagai Forum Masyarakat Cinta Damai (FMCD).

Panitia juga sudah memastikan UAS bakal mengisi tausiyah bertajuk '3 Golongan yang Menahan Murka Allah'. Salah seorang panitia, Agus menuturkan, masalah penolakan dari segelintir warga itu sudah diselesaikan secara baik-baik. Panitia sudah bertemu dengan pihak penolak dan mencapai kesepakatan.

Karena itu, ia berani menjamin, UAS bakal datang untuk mengisi pengajian di masjid perumahan elite tersebut. "Insya Allah besok acaranya bakal digelar Ustadz sendiri naik mimbar pukul 20.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB," kata Agus.

Seorang warga Perumahan Citra Indah berinisial DV menjelaskan, alasan penolakan warga terhadap UAS. DV yang termasuk dalam video bersama 13 orang lain menuturkan, UAS ketika berceramah menyebarkan ajaran radikal. Dia mengaku, sebenarnya kegiatan tabligh akbar bukan pertama kali diadakan di Masjid Perumahan Citra Indah City. Namun, ulama dulu yang mengisi tausiyah tidak mendapatkan penolakan lantaran isi ceramahnya sejuk, aman, dan damai.

DV juga menyitir rilis Kementerian Agama (Kemenag) yang pernah merilis daftar penceramah yang direkomendasikan. Kala itu, UAS tidak masuk dalam daftar. "Kenapa juga kita menolak, karena UAS tidak masuk daftar penceramah yang direkomendasikan dari Kemenag. Terus pernah juga dilaporkan karena penistaan agama juga beberapa tahun lalu," ucap DV.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Camat Jonggol Pastikan Tabligh Akbar UAS Berjalan Sesuai Jadwal

Alasan Warga Jonggol Tolak UAS: Radikal dan tak Masuk Rekomendasi Kemenag

Polres Bogor Siap Amankan Tabligh Akbar UAS yang Sempat Ditolak Warga

Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut Semen Tabrak Tiga Kendaraan

Arie Untung Bongkar Kamar Ustadz Abdul Somad yang Sangat Sederhana

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image