Gerakan Sukabumi Bersih, Edukasi Warga tak Buang Sampah ke Sungai

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

BPBD dan relawan membersihkan Sungai Cipelang, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dari sampah, Sabtu (18/6/2022).
BPBD dan relawan membersihkan Sungai Cipelang, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dari sampah, Sabtu (18/6/2022). | Foto: Republika/Riga Nurul Iman

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan untuk mengedukasi warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Salah satunya dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Sukabumi melaunching gerakan Sukabumi bersih di aliran Sungai Cipelang, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Sabtu (18/6/2022).

Aksi tersebut untuk menjaga kebersihan di aliran Sungai Cipelang dari sampah dan bagian dari upaya mitigasi bencana. Launching program Sukabumi Bersih "Amankan, Selamatkan, Bebaskan" Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Sukabumi Kota Sukabumi Sungai Cipelang (mulut) ini dihadiri ratusan relawan.

Baca Juga

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani menambahkan, launching aksi Sukabumi Bersih ini diinisiasi forum pengurangan resiko bencana dari 67 komunitas, lembaga, dan relawan. "Kami bertekad menyelamatkan, membebaskan, dan memgamankan dari sampah atau mitigasi bahaya banjir,'' kata dia.

Imran mengatakan, ada sebanyak 132 orang petugas dan relawan yang ikut dalam kegiatan ini. ''Warga menyambut baik dari kota kabupaten dan antusias mengikuti dan ke depan mereka menjaga aliran sungai,'' imbuh dia.

''Kami ucapkan terimakasih kepada BPBD dan relawan dari berbagai komunitas yang mempunyai komitmen untuk menjaga kebersihan salah satunya kebersihan sungai,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi yang ikut ambil bagian dalam gerakan itu.

Ikhtiar terbaik ini kata dia jadi ajang edukasi kepada warga. Khususnya bagaimana menjaga kebersihan sungai dan berharap warga disiplin dengan lingkungan. Selain itu pemkot akan berkoordinasi dengan Kabupaten Sukabumi yang wilayahnya dialiri Sungai Cipelang.

''Koordinasi seringkali dilakukan dan yang terpenting melakukan aksi bersama komunikasi dan aksi bersama menjaga kebersihan,'' kata Fahmi. Harapannya aliran sungai bersih.

Di sisi lain lanjut Fahmi, pemda mengimbau kepada warga taat aturan terkait bangunan di sempadan sungai. Sebab keberadaan sempadan sungai harus sesuai aturan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Polres Sukabumi Amankan Dua Orang Terduga Pelaku Penganiayaan Jurnalis

Wali Kota Sukabumi: Jangan Ada Lagi Remaja Melakukan Tarian yang tidak Pantas

Tren Investasi di Sukabumi Naik, Terutama Perumahan dan Pertokoan

Hujan Deras Sebabkan Bencana di Sejumlah Kecamatan Utara Sukabumi

Komunitas Professional di Sukabumi Didorong Majukan Daerah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image