Senin 20 Jun 2022 06:03 WIB

Chairul Tanjung, Dipo Alam, Hingga Sutiyoso Takziah ke Gedung Pakuan

CT mengaku mendapat kado dari Kang Emil gambar orang tawaf di depan Ka'bah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Erik Purnama Putra
Chairman CT Corp Chairul Tanjung.
Foto: Prayogi/Republika
Chairman CT Corp Chairul Tanjung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menko Perekonomian periode Mei-Oktober 2014 sekaligus pendiri CT Corp, Chairul Tanjung beserta istri dan anaknya, Anita Tanjung, dan Putri Indahsari Tanjung bertakziah ke rumah dinas gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung pada Ahad (19/6/2022).

Turut hadir bersama Chairul Tanjung Sekretaris Kabinet (Seskab) periode 2010-2014, Dipo Alam dan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Letjen (Purn) Sutiyoso. Saat bertakzih, CT, sapaan akrabnya, menyampaikan belasungkawa yang mendalam juga meyakini Kang Emil dan sang istri Atalia sudah sangat mengikhlaskan kepergian almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Baca: Arab Saudi Undang Kang Emil, Istri, dan Putri Haji Tahun Ini

Menurut dia, Kang Emil dan istri juga banyak mendapatkan hikmah atas meninggalnya putra pertama. "Alhamdulillah saya berserta istri ditemani putri juga kebetulan ada pak Sutiyoso dan ibu serta pak Dipo Alam kami bertakziah untuk menyampaikan duka cita dari keluarga kami secara mendalam," ujar CT saat ditemui usai takziah, Ahad.

"Alhamdulillah kelihatan Pak Gubernur beserta ibu keliatan sudah sangat mengikhlaskan dan beliau keliatannya juga menerima cobaan ini dengan lapang dan banyak mendapatkan hikmah dari kehilangan putra beliau," ucap CT menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama Kang Emil juga memberikan kado ulang tahun untuk CT. Kadonya berisi sebuah lukisan dengan gambar orang yang sedang bertawaf di Ka'bah. Diketahui, CT merayakan ulang tahun ke-60 pada Kamis (16/6/2022).

Baca: SBY Pamer Lukisan Grand Canyon Ukuran Jumbo

"Kebetulan kemarin juga saya ulang tahun jadi Pak Gubernur memberikan kado, sebuah lukisan yang menggambarkan orang yang sedang bertawaf di keliling Ka'bah, Tentu kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan kebahagiaan kami bisa menerima kado dari beliau," ucap CT.

Hal senada juga juga diungkapkan eks gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau akrab di sapa Bang Yos. Dia mengaku bahagia dan bersyukur melihat kondisi Kang Emil yang semakin hari bertambah ikhlas menerima kepergian alm Eril.

"Saya gembira dan bersyukur ketemu beliau pada hari ini kebetulan saya ada acara di Bandung, sebenarnya saya ingin sekali bertemu pada saat pemakaman saya berhalangan lagi untuk hadir. Saya melihat kondisi Kang Emil dan ibu sangat ikhlas, luar biasa hikmahnya ananda bisa ketemu dalam keadaan utuh dan bisa dimakamkan," ujar mantan kepala BIN tersebut.

Bang Yos pun menyampaikan, ketakjubannya dengan situasi puluhan ribu warga mengiringi kepulangan Eril ke peristirahatan terakhirnya. "Saya belum pernah melihat peristiwa di dunia ini di manapun seseorang yang meninggal diantar seperti ini, jadi kita semua ikhlas insya Allah ananda Eril ini ditempatkan di sisi-Nya," katanya.

Baca: Melayat Eril, Ganjar Pranowo Dijamu Ridwan Kamil dan Bertemu Ustadz Khalid Basalamah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement