Rencana Pertandingan Piala Presiden Dipindah ke Si Jalak Harupat

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Wali Kota Bandung Yana Mulyana.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. | Foto: Republika/M Fauzi Ridwan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana angkat suara menanggapi rencana pertandingan Piala Presiden tahun 2022 yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Hal itu menyusul insiden dua orang Bobotoh Persib Bandung yang meninggal dunia diduga karena berdesak-desakan saat pertandingan Persib Bandung melawan Persebaya.

"Kita ikuti saja (keputusan penyelenggara)," ujarnya kepada wartawan disela-sela pelantikan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Senin (20/6/2022).

Namun begitu, ia berharap, jika pertandingan tetap digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) maka bisa tanpa dihadiri penonton. Pada pertandingan Persib Bandung melawan Persebaya kemarin jumlah penonton di stadion mencapai 70 ribu orang lebih.

 

photo
Sejumlah suporter Persib Bandung atau bobotoh melakukan aksi solidaritas bela sungkawa di depan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Ahad (19/6/2022). Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas kepada Ahmad Solihin dan Sopiana Yusuf yang meninggal saat akan menonton pertandingan Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Jumat (17/6/2022), serta mengecam otoritas yang berfokus pada keuntungan semata. Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)
 

"Kalau saya boleh saran, kalaupun di GBLA tanpa penonton lah ya. Euforia itu kemarin kan, saya lihat 70 ribu ada itu," katanya. 

Dia mengaku, tidak mengetahui penyebab jumlah penonton membeludak. "Tidak tahu itu kan panpel," katanya. 

Terkait dengan pelaksanaan liga mendatang di Stadion GBLA, dia mengaku, tetap mengikuti rekomendasi dari pihak terkait dan melakukan intropeksi. "Kita ikut rekomendasi aja, Kita menyayangkan, jadi bahan instrospeksi," katanya.

Sebelumnya, beredar surat panitia penyelenggara Persib Bandung yang mengajukan izin ke Polresta Bandung untuk melaksanakan dua pertandingan di Stadion si Jalak Harupat. Pertandingan antara Persebaya melawan Bali United dan Persib Bandung melawan Bhayangkara FC.

Kepolisian sendiri baru akan merapatkan terkait permohonan tersebut pada pukul 10.00 Wib di Mapolresta Bandung. Sedangkan Polda Jabar sendiri tengah melakukan evaluasi atas insiden yang menewaskan dua bobotoh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PSSI dan LIB Selidiki Insiden Suporter Meninggal Dunia di GBLA

Igbonefo Didiagnosa akan Cedera Panjang, Ini Reaksi Nick Kuipers

Evaluasi Debut, Arsan Soroti Mental Saat Bela Persib

Igbonefo dan Ciro Terancam Absen Lama Bela Persib

Persita Bertekad Raih Kemenangan Perdana di Piala Presiden 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image