Legislator Nilai Promosi Minumal Alkohol Buat Nama Muhammad Sudah Kelewat Batas

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto

Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.
Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. | Foto: DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III Ahmad Sahroni menyayangkan adanya promosi memberikan minuman alkohol gratis kepada calon konsumennya yang memiliki nama Muhammad dan Maria. Dia menilai, promosi tersebut dianggap kurang sensitif terhadap perasaan agama tertentu. 

 "Ya kalau mau promosi semua pasti dibenarkan dengan sekreatif mungkin. Tapi, yang dilakukan Holywings ini menurut saya sudah kelewat batas dan bisa dianggap sebagai provokasi. Karena tentunya menyinggung agama maupun identitas tertentu," kata Sahroni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/6).

Baca Juga

 

photo
Hasil tangkapan layar masyarakat atas unggahan akun instagram @holywingsindonesia. - (akun instagram @holywingsindonesia/Muhyiddin)
 

Dia memahami, promosi bisnis itu untuk mencari uang, mencari viral. Namun, dia mengingatkan, agar pihak restoran menggunakan cara-cara lain yang lebih beradab dan bermartabat, supaya tidak menyinggung pihak lain.

Politikus Partai Nasdem itu meminta kepada pihak berwajib untuk melanjutkan tindakan manajemen Holywings tersebut agar tidak terjadi lagi hal yang serupa di kemudian hari. Menurutnya, aparat penegak hukum tentu harus memberi teguran keras dan terukur agar hal yang sama tidak terjadi di kemudian hari. 

"Kita harus ingat bahwa di negara heterogen seperti Indonesia, kita harus bisa respect terhadap satu sama lain. Ada norma-norma yang tidak boleh ditabrak," ucapnya.

Sebelumnya jagat dunia maya dihebohkan oleh unggahan Holywings di akun Instagram-nya yang mengandung unsur SARA dalam rangka mempromosikan produknya. Dalam postingan-nya, Holywings sempat menampilkan gambar promosi produk minuman beralkoholnya dengan menggratiskan satu botol alkohol bagi calon konsumen yang memiliki nama Muhammad dan Maria.

Diketahui Holywings mengunggah postingan tersebut pada Rabu (22/6). Namun, beberapa jam kemudian, postingan tersebut telah hilang dari Instagram resmi Holywings itu. 

Berdasarkan foto tangkapan layar dari netizen, awalnya promo yang diunggah melalui instastory @holywingsindonesia bertuliskan, "Where is..? These names get free bottle every thursday." Lalu, pada gambar produk minuman kerasnya menampilkan nama Muhammad dan Maria. 

Namun, nama tersebut kemudian diganti dengan nama Mario dan Maria. Jadi, setiap orang bernama tersebut akan mendapatkan botol minuman keras gratis setiap hari Kamis. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Respons Muhammadiyah Soal Promo Minuman Alkohol Holywings Pakai Nama Muhammad

Holywings Minta Maaf Unggah Promo Minuman Alkohol Pakai Nama Muhammad

Viral Promo Minuman Alkohol Bagi yang Bernama Muhammad, Ini Jawaban Holywings

Astagfirullah, Holywings Unggah Promo Minuman Alkohol Bagi yang Bernama Muhammad

Viral..! Holywings Unggah Promo Minuman Alkohol Bagi yang Bernama Muhammad

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image