Hasil Survei Urutan Keempat, Ridwan Kamil Pilih Fokus Situasi Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi hasil survei dari lembaga survei terkait pencapresan.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi hasil survei dari lembaga survei terkait pencapresan. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi hasil survei pencapresan. Pada survey terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil menyalip Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"(Hasil survei). Iya itu mah selalu begitu enggak ada hal baru. Jadi saya mengapresiasi bagian dari edukasi politik dari siapapun khususnya media yang mempunyai sistem survei," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, di Gedung Sate Bandung, Kamis petang (24/6).

Namun, menurut Emil, saat ini dirinya lebih memilih untuk fokus menyelesaikan tugasnya sebagai pemimpin Jawa Barat. "Kalau saya sedang fokus dengan situasi saya dan fokus dengan 'PR di Jawa Barat yang penuh dengan dinamika dan saya sudah bersumpah akan saya selesaikan sebaik-baiknya," katanya.

Emil mengatakan, dirinya tetap mengapresiasi setiap hasil survei yang dikeluarkan oleh sejumlah lembaga survei. "Kita doakan saja semua yang berikhtiar dipermudah urusannya dan tercapai cita-citanya. Masalah angka-angkanya ditafsir sendiri saja karena naik turunnya itu juga seiring," paparnya.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas terbaru, Rabu (22/6), berikut urutan elektabilitas tokoh potensial capres tersebut. Posisi pertama Prabowo 25,3 persen, kedua Ganjar Pranowo 22 persen, ketiga Anies Baswedan 12,6 persen, keempat Sandiaga Uno 4,4 persen, Ridwan Kamil 3,4 persen, AHY 3,1 persen, Ahok 2,1 persen Tri Rismaharini (Risma) 2 persen, Andika Perkasa 1,5 persen,  Erick Thohir 1,4 persen. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ridwan Kamil Lepas Tim Pemeriksa Hewan Qurban 2022

Ridwan Kamil Resmi Lepas Ribuan Tim Pemeriksa Hewan Kurban

KedaiKopi: Peluang Ridwan Kamil Dicalonkan di Pilpres Tinggi

Ridwan Kamil Minta Warga untuk Tetap Menjaga Protokol Kesehatan Covid-19

Ridwan Kamil Prediksi Juli Ini Puncak Kenaikan Covid 19 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image