Ahad 26 Jun 2022 06:10 WIB

Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia Dideklarasikan

 Kodepena akan menjadi basis pemikiran dan gagasan para dosen.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia (Kodepena) di deklarasikan, Sabtu (25/6).
Foto: Istimewa
Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia (Kodepena) di deklarasikan, Sabtu (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia (Kodepena) di deklarasikan, Sabtu (25/6). Deklarasi tersebut, dicetuskan dalam rangka mapag Milangkala Paguyuban Pasundan ke-109. Selain itu, digelar Seminar Nasional Kodepena, sekaligus pengukuhan pengurus DPP Kodepena.

Kegiatan ini digelar secara hybrid yakni onsite di Lantai V Aula Mandala Saba dr Djoendjoenan Gedung Paguyuban Pasundan Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung melalui zoom.

Menurut Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan sekaligus Dewan Penasehat Kodepena, Prof Dr HM Didi Turmudzi MSi pihaknya menyampaikan apresiasi  tinggi akan hadirnya Kodepena untuk meningkatkan kualitas dosen dan peneliti dalam membangun Indonesia.

"Sejak berdiri, PB Paguyuban pasundan memiliki misi untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat serta misi untuk meminimalisasi kemiskinan dan ketertinggalan di bidang pendidikan dan hal ini sejalan dengan Kodepena," ujar Prof Didi.

 

Prof Didi pun berharap, bahwa Kodepena akan menjadi basis pemikiran dan gagasan para dosen untuk meningkatkan tugas penelitian dan karya ilmiah.

Selain dalam rangka rangkaian Milangkala Paguyuban Pasundan ke 109, Paguyuban Pasundan akan menyelenggarakan seminar terkait pemilu yang berkaitan dengan nasib bangsa ke depan menghadirkan narasumber yang kredibel dan diharapkan bisa memberikan wawasan dan pencerahan kepada masyarakat.

Rangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan hingga puncak Milangkala Paguyuban Pasundan ke 109 pada 20 Juli mendatang.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pengawas Kodepena, Marsda (Purn.) Dr Ir A Adang Supriyadi MM IPU ASEAN Eng mengatakan, menjadi penulis dan peneliti memang tidak mudah semua harus sesuai dengan kemampuan “Dan satu lagi sesuai dengan softskill,” katanya.

Dalam kegiatan itu juga hadir secara virtual Kepala LLDIKTI IV Dr M Samsuri SPd MT yang juga memberikan sambutan dan dukungannya.

Sedangkan Ketua Umum DPP Kodepena Dr Hj Rani Siti Fitriani MHum mengatakan, Kodepena adalah wadah para dosen dan peneliti dari Sabang sampai Merauke.

"Ke depan kami berharap bahwa Kodepena akan meniadi wadah yang dapat memberikan kontribusi terbaik bagi nusa dan bangsa, semoga semakin solid!" katanya.

Siti juga mengucapkan, terima kasih kepada PB Paguyuban Pasundan yang telah mendukung lahirnya Kodepena. "Kegiatan ini juga berbarengan dengan Mapag ke 109 Paguyuban Pasundan, Terimakasih untuk bapak ketua umum atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan," katanya. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement