Hasto: Indonesia Harus Punya Daya Tahan dari Ancaman Krisis Pangan

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membakar ikan pada acara Festival Bakar Ikan Nusantara di Jakarta, Sabtu (25/6/2022). PDI Perjuangan menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara dengan lomba memasak dan makan bersama sajian kuliner nusantara dalam rangka memeriahkan Bulan Bung Karno. Republika/Putra M. Akbar
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membakar ikan pada acara Festival Bakar Ikan Nusantara di Jakarta, Sabtu (25/6/2022). PDI Perjuangan menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara dengan lomba memasak dan makan bersama sajian kuliner nusantara dalam rangka memeriahkan Bulan Bung Karno. Republika/Putra M. Akbar | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2022 PDI Perjuangan (PDIP) menggelar acara Festival Bakar Ikan Nusantara di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Festival Bakar Ikan Nusantara bertujuan untuk mewujudkan amanat Presiden pertama Indonesia agar Indonesia berdaulat di bidang pangan.

Oleh karena itu, Hasto mengatakan, seluruh resep Mustika Rasa ditampilkan dalam kegiatan ini. Mustika Rasa adalah buku satu-satunya yang permah dibuat oleh negara berisi resep dan gizi kuliner asli Indonesia.

“Sehingga membangun rasa percaya diri bahwa di tengah ancaman krisis pangan global, Indonesia bisa menunjukkan kepemimpinannya di dalam makanan dan kuliner,” kata Hasto, di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6).

Hasto menambahkan, digelarnya Festival Bakar Ikan Nusantara menjadi bukti bahwa dalam berpolitik itu harus menyentuh pada aspek kehidupan masyarakat, berorientasi pada masa depan dengan dengan menyediakan makanan yang bergizi bagi rakyat.

"Itu bisa kita temukan di dalam lingkungan kita kekayaan alam kita yang luar biasa," ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia Festival Bakar Ikan Nusantara Sadarestuwati menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan perwujudan keingingan agar seluruh masyarakat semakin menyadari bahwa ikan adalah sumber protein tinggi yang dimiliki Indonesia sebagai negara maritim.

"Budaya makan ikan jadi penting. Maka hari ini kita gelar Festival Bakar Ikan di seluruh Indonesia," kata Sadarestu.

"Kurang lebih dari 500 DPC mengikuti kegiatan ini. Kita bakar di sini saja 500 kg ikan, tiap daerah 100 kg yang akan dimakan bersama dengan rakyat," imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP bidang Politik, Puan Maharani. Hadir juga Ribka Tjiptaning dan Rokhmin Dahuri. Tidak hanya itu, Wasekjen PDIP Sadarestuwati dan Ketua Panitia BBK 2022 Andreas Hugo Pareira juga hadir dalam acara tersebut. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Peneliti Dorong Produksi Tiga Komoditas Digalakan dalam Hadapi Krisis Pangan

Jokowi: Ubah Ancaman Krisis Pangan Jadi Peluang

Komisi VI: Mendag Zulkifli Harus Antisipasi Ancaman Krisis Pangan

Jokowi Ingin Pengusaha Hipmi Ambil Peluang Krisis Pangan dan Energi

Gubernur Lemhannas Minta Masyarakat Siap Hadapi Berbagai Ancaman Krisis

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image