Polres Sukabumi Sita Ratusan Botol Miras Oplosan

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto

Miras oplosan jenis ciu. (Ilustrasi)
Miras oplosan jenis ciu. (Ilustrasi) | Foto: Antara/Syifa Yulinnas

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Polres Sukabumi menyita ratusan botol minuman keras (miras) oplosan di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Ratusan botol miras ini diperoleh dari beberapa tempat penjualan di Palabuhanratu.

Langkah polres ini guna mencegah terjadinya korban akibat miras oplosan. "Jajaran Satuan Narkoba Polres Sukabumi bergerak cepat menyelidiki tempat-tempat yang diduga menjadi tempat penjualan dan peredaran miras oplosan tradisional terutama jenis ciu," ujar Kasat Narkoba AKP Kusmawan, Selasa (28/6/2022).

Dari penyisiran petugas, hasilnya cukup mengejutkan. Petugas menemukan ada ratusan botol minuman haram yang mengandung alkohol dijual di beberapa tempat diwilayah Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Petugas juga mengamankan satu orang terduga pelaku pengedarnya. "Tadi malam petugas telah mengamankan ratusan botol miras tradisional jenis ciu dari beberapa tempat dan mengamankan satu orang terduga pelaku pengedarnya," ungkap dia.

Menurut Kusmawan, jumlah miras oplosan yang telah sita sebanyak 202 unit yang siap edar dalam kemasan botol air mineral. Dalam kasus peredaran, penjualan miras oplosan itu, pihaknya mengamankan seorang pelaku berinisial ILP (33 tahun) warga Desa Bojonggaling Kecamatan Bantar Gadung Kabupaten Sukabumi.

Pelaku ILP, kata Kusmawan, mendapatkan ratusan liter miras oplosan jenis ciu dari wilayah Bogor dengan cara membelinya dari seseorang bernama L. 

L kini dinyatakan dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO. "Modus pelaku adalah mengedarkan, menjual, memperdagangkan, menyimpan, menguasai minuman beralkohol tanpa ijin," ungkap Kusmawan. Pelaku akan dikenakan Pasal 11 ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi Nomor 7 Tahun 2015 tentang Larangan Minuman Beralkohol.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


8 Tewas Akibat Minuman Keras Oplosan, Polres Karawang Tetapkan 3 Tersangka

Nelayan Bunuh Dua Perempuan dan Rampas Perhiasan Korbannya

Polisi Tembak Pembunuh Dua Wanita di Sukabumi karena tak Kooperatif

Semarakkan Hari Bhayangkara, Polres Sukabumi Kota Gelar Fun Bike

Sukabumi Gerakkan Aksi Remaja Cegah Stunting

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image