Pemkot Bogor Cabut Izin Usaha Elvis Eks-Holywings Bogor

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Elvis cafe and resto eks Holywings Bogor disegel.
Elvis cafe and resto eks Holywings Bogor disegel. | Foto: Republika/Shabrina Zakaria

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencabut izin usaha dan operasional Elvis Cafe and Resto Eks-Holywings, di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Pencabutan izin tersebut berdasarkan pelanggaran penjualan minuman beralkohol (minol) di atas 5 persen, proses pergantian nama tidak dilakukan dengan baik, dan tidak membangun situasi yang kondusif.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyebutkan, tiga hal tersebut didapatkan dari hasil rapat yang telah dilakukan usai penyegelan Elvis. Tiga hal tersebut juga disebutnya sebagai pelanggaran berat.

“Padahal ini yang sedari awal kami titip kan ke Holywings. Kemudian kami memutuskan untuk mencabut semua izin operasional, izin usaha, sehingga tidak bisa beroperasi lagi,” kata Bima Arya, Jumat (1/7/2022).

Lebih lanjut, Bima Arya mengatakan, jika ada pengajuan pendaftaran tempat serupa, dia akan memmeriksa siapa yang mengajukan. Jika masih terkait dengan orang yang sama yang mengajukan Holywings, sudah pasti Pemkot Bogor tidak akan mengizinkan tempat tersebut berdiri di Kota Bogor.

Menurutnya, hal ini bukan soal hak untuk berusaha. Namun soal hak dari Pemkot Bogor untuk menjamin semua investasi yang ada tidak memberikan mudharat. Bima Arya pun mengaku berhak mem-blacklist pengusaha yang tidak lancar melakukan usahanya di Kota Bogor seperti Holywings.

“Yak (pengusaha Holywings di-blacklist). Dari awal kan kita panjang. Kalau ini izin biasa kan biasa ya. Tapi ini dari awal saya berikan catatan panjang sekali, begitu dilanggar, selesai sudah,” tegasnya.

Dia menambahkan, surat pencabutan izin eks-Holywings telah dikirimkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat kemarin. “(Pencabutan) segera diproses. Karena kemarin baru selesai rapatnya. Jadi saya kira provinsi juga akan sejalan karena Pak Gubernur sama arahnya,” ucapnya.

Kasatpol PP Kota Bogor, Agustian Syach, menyebutkan izin Nomor Induk Berusaha dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).  “Izin operasional dari Provinsi Jawa Barat untuk usaha bar dan tempat minum,” ucapnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Holywings Disebut Cuci Tangan Nasib Enam Karyawan, Ini Kata Pengamat

Ini Kata Sosiolog Terkait Masalah Holywings

Wagub DKI: 12 Gerai Holywings di Jakarta tak Bisa Buka Lagi

Pemkot Jakbar Pantau Holywings Agar tak Beroperasi Kembali

Izin Holywings di Surabaya Hanya Rumah Makan Bukan Bar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image