Puluhan Rumah Warga di Selatan Sukabumi Terdampak Banjir Rob

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Puluhan Rumah Warga di Selatan Sukabumi Terdampak Banjir Rob (ilustrasi).
Puluhan Rumah Warga di Selatan Sukabumi Terdampak Banjir Rob (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Banjir rob akibat gelombang tinggi melanda pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Ahad (3/7/2022). Dampaknya puluhan rumah warga di Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terdampak bencana tersebut.

Data dari Pusdalops PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, kejadian tersebut tepatnya terjadi pada Ahad sekitar pukul 10.00 WIB. Ada dua titik yang terkena banjir rob yakni Kampung Rawa Kalong RT 01 RW 32 dan Kampung Cipatuguran RT 01 dan RT 02 RW 21 Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga

''Data sementara di Kampung Rawa Kalong RW 32 terdapat 17 rumah warga yang terdampak,'' ujar Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, Ahad. Diantaranya rusak berat enam rumah, rusak sedang satu rumah, dan 10 rumah rusak ringan.

Selain itu ada sebanyak 21 rumah warga di RT 01 dan 02 RW 21 yang terancam. Sehingga data total sementara ada sebanyak 17 rumah mengalami kerusakan dan 21 rumah terancam.

BPBD terang Sandra, telah melakukan upaya penanganan di lapangan. Di mana petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Palabuhanratu berkoordinasi bersama perangkat kelurahan/jecamatan, Koramil, Polsek, Polpp, dan relawan guna assessment ke lokasi kejadian.

Petugas juga lanjut Sandra, telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada. Di sisi lain warga terdampak bencana membutuhkan pasokan sembako dan matrial bangunan.

Menurut Sandra, informasi bencana ini berasal dari Lurah Palabuhanratu, perangkat kelurahan, warga dan P2BK Pabuhanratu. Di mana hal ini langsung direspon oleh petugas BPBD Sukabumi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Hujan Deras, Lima Titik di Kota Sukabumi Diterjang Longsor Hingga Pohon Tumbang

Banjir Landa Gunungguruh Sukabumi, Belasan Rumah Warga Terdampak

Banjir Landa Selatan Sukabumi, Tiga Rumah Warga Terdampak

Gubernur Jabar Bantu Perbaikan Puluhan Rumah Warga Terdampak Banjir Sukabumi

Banjir dan Longsor Landa Wilayah Selatan Sukabumi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image