BUMD MUJ ONWJ, Tanam Mangrove di Pesisir Pantura Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Penanaman mangrove diharapkan menjadi pemantik kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dalam pengelolaan lingkungan melalui pelestarian mangrove, khususnya di kawasan pesisir pantai utara Jawa Barat.
Penanaman mangrove diharapkan menjadi pemantik kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dalam pengelolaan lingkungan melalui pelestarian mangrove, khususnya di kawasan pesisir pantai utara Jawa Barat. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Salah satu bentuk kepedulian tersebut, dengan melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai utara Jawa Barat. 

Menurut Direktur Operasional PT Migas Hulu Jabar ONWJ, Ardra Teja Bhaswara, kegiatan penanaman mangrove di Kawasan Pesisir, tepatnya di Desa Mayangan, Kecamatan Legon kulon, Kabupaten Subang sekaligus bagian peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Jawa Barat, beberapa hari yang lalu. 

"Penanaman mangrove ini sesuai dengan salah satu Pilar TJSL MUJ ONWJ yaitu pelestarian lingkungan, Dan kegiatan penanaman mangrove ini sudah kami lakukan sejak tahun 2020 di berapa titik pantai di sepanjang pantura Jawa Barat," ujar Andra, Senin (4/7/2022). 

Andra mengatakan, perlu adanya kolaborasi dan juga konsistensi untuk menyelamatkan lingkungan di Jawa Barat. Sehingga, pihaknya mengambil posisi untuk konsen dalam pelestarian lingkungan hidup di pesisir pantai utara Jawa Barat. 

Keberadaan hutan mangrove, kata dia, memiliki fungsi yang besar bagi lingkungan hidup di sepanjang garis pantai. Beberapa di antaranya adalah berfungsi sebagai penahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, 

"Dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai," katanya. 

Kemudian, kata dia, seperti mafaat tumbuhan lainnya, mangrove juga berfungsi penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen. Mangrove juga, berperan penting sebagai ekosistem ikan-ikan kecil. Bahkan dengan kondisi hutan mangrove yang baik kerap menjadi tempat yang nyaman untuk tempat hidup burung dan kera. 

"Keterlibatan MUJ ONWJ dalam kegiatan penanaman mangrove ini merupakan kominten dan kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan hidup serta dukungan perusahaan terhadap program pemerintah Jawa Barat dalam melestarikan lingkungan hidup," paparnya. 

Ke depan, pihaknya juga telah menyiapkan ribuan batang bibit pohon mangrove untuk kembali disebar di sepanjang pesisir Pantai Utara Jawa Barat. "Kita akan lihat nanti, yang pasti akan ada ribuan pohon mangrove untuk ditanam di sebar di sepanjang Pantura," katanya. 

Sebelumnya, Gubenur Jawa barat Ridwan kamil, Kepala DLH Provinsi Jawa Barat dan Bupati Kabupaten Subang, bersama melakukan penanaman simbolis tanaman Manggrove di pantai pondok Bali, desa Mayangan.  "Penanaman mangrove diharapkan menjadi pemantik kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dalam pengelolaan lingkungan melalui pelestarian mangrove, khususnya di kawasan pesisir pantai utara Jawa Barat," kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Pada kegiatan tersebut, ditanam 5.000 batang bibit mangrove ditanam di pesisisr pantai desa Mayangan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jokowi Targetkan Rehabilitasi 600 Ribu Hektare Mangrove

Hutan Bakau Bisa Tersapu pada 2050 karena Kenaikan  Laut

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image