Pemkab Karawang Patenkan Alat Kukus Ikan Pindang

Red: Nidia Zuraya

Pindang Ikan (ilustrasi).
Pindang Ikan (ilustrasi). | Foto: indonesianfood.co

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mempatenkan badeng, sebuah alat rebus dan kukus ikan pindang khas Karawang yang terbuat dari logam. Kepala BidangPenguatan Daya Saing Produk Perikanan Dinas Perikanan setempat, Emma Hendaryani di Karawang, Rabu (6/7/2022), mengatakanbadeng terpilih untuk dipatenkan, karena kualitasnya sudah diakui oleh Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ia menyampaikan sebelumnya BBP3KP sudah bermitra dengan perajin alat kukus ikan pindang itu di sejumlah daerah di luar Karawang, tapi kualitas dan modifikasinya masih belum sesuai menurut pihak mereka.Atas hal itu, BBP3KP mencoba ke Karawang melalui Dinas Perikanan yang kemudian direkomendasikan ke pihak perajin badeng yang ada di Kecamatan Banyusari.

Baca Juga

Pada awalnya, tutup badeng ini kebiasaan dari pengolah yakni menggunakan plastik bening, ini patut dicurigai plastik tersebut bisa mengkontaminasi produk, akhirnya pihak BBP3KP memberikan desainnya ke perajin tersebut yang kemudian setelah diuji dan speknya tidak berubah.

"Justru spek ketebalan bahannya lebih bagus di Karawang, sehingga akhirnya dari BBP3KP ini merekomendasikan Karawang untuk cakupan nasional dan mengarahkan ke pembuat badeng agar mempatenkan badeng," kata dia.Emma mengaku akan berkoordinasi dengan Disperindag terkait dengan rencana mempatenkan badeng tersebut.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


UMKM Karawang Antusias Ikuti Program UMKM Juara

Polisi Jerat Sopir Elf dengan Pasal Kelalaian dalam Kasus Kecelakaan di Karawang

Polisi Dalami Faktor Kelalaian dalam Kecelakaan Maut Karawang

Mempermudah Siswa Karawang Mendapatkan KTP-el

Jalur Pantura Hingga Jalan Arteri Karawang Terpantau Padat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image