Unisba Beri Pendampingan Lepaskan Siswa Dari Ketergantungan Gadget

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Kegiatan PKM Unisba mendapat respons yang sangat positif dari siswa-siswi DTA Nurul Huda.
Kegiatan PKM Unisba mendapat respons yang sangat positif dari siswa-siswi DTA Nurul Huda. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Program Sudi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Prodi EP FEB) Unisba melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM). PKM bertajuk 'Pendampingan Penguatan Nilai Religiusitas dalam Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Insani Siswa-Siswi DTA Masjid Nurul Huda Kelurahan Pakemitan Kecamantan Cinambo Kota Bandung' bertempat di Masjid Besar Nurul Huda Kecamatan Cinambo Kota Bandung, Ahad (27/2). 

Menurut Ketua tim PKM Dr Ima Amaliah, kegiatan ini bertujuan memberikan pendampingan dalam bentuk penguatan nilai-nilai Islam melalui berbagai kegiatan yang menarik bagi siswa siswi DTA Nurul Huda.  

"Harapan kami, siswa-siswi DTA Nurul Huda dapat kembali ke Masjid untuk mempelajari nilai-nilai Islam dan menggeser ketergantungan siswa-siswi DTA dari gadget ke berbagai aktivitas yang menarik di dalam masjid," ujar Ima dalam siaran persnya, Senin (8/7).

Ima mengatakan, siswa-siswi yang belajar di DTA Nurul Huda mulai dari SD sampai SMA dengan total siswa sebanyak 80 orang. "Sebagian besar siswa DTA adalah usia SD sebanyak 86 persen, SMP 10 persen dan SMA 4 persen," katanya. 

Ima menjelaskan, kegiatan pendampingan dimulai dari mengkaji Surat Al’ Alaq sebagai strategi berprestasi menurut Alquran. Pemberian materi ini dilakukan, kata dia, untuk menggugah pemahaman siswa-siswi tentang keutamaan membaca dan memahami Alquran sebagai pedoman hidup. 

"Siswa-siswi diberikan pemahaman bahwa ada banyak cara untuk berprestasi. Salah satunya dengan belajar Alquran. Tahap berikutnya adalah diskusi dan nonton bersama berbagai kisah inspiratif," katanya. 

Pada bagian ini, tim PKM ingin membangun daya kritis, analitis dan kemampuan siswa-siswi dalam mengungkapkan gagasan dan ide-ide dari pengamatan secara visual. Setelah menonton siswa-siswi diajak diskusi tentang tema film, alur cerita film, pemain film, nilai-nilai positif dari film serta nilai-nilai yang harus dihindarkan dari cerita di film. Materi terakhir adalah main game bersama. 

"Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk menumbuhkan kebersamaan, tanggung jawab dan kreativitas siswa-siswi DTA Nurul Huda. Dengan main game secara berkelompok diharapkan akan melahirkan sikap inovasi, toleransi, empati, dan sportif atas hasil yang didapatkan kelompok," paparnya. 

Kegiatan PKM ini, kata dia, mendapat respons yang sangat positif dari siswa-siswi DTA Nurul Huda. Pada pertemuan pertama ada 49 siswa siswi DTA yang hadir mengikuti kegiatan PKM. Di pertemuan berikutnya para siswa siswi DTA secara konsisten mengikuti kegiatan nonton bersama juga bermain game. 

Ima mengatakan, melalui PKM ini dihasilkan artikel penelitian yang diterbitkan dalam jurnal terindeks Sinta dengan topik “Pengaruh Nilai Religiusitas terhadap Prestasi Siswa: Studi pada DTA Nurul Huda Kecamatan Cinambo Kota Bandung. 

Tujuan dari penelitian ini, kata dia, untuk menemukan apakah ada pengaruh pemahaman nilai-nilai agama yang baik terhadap prestasi siswa-siswi DTA. "Hasilnya sesuai dengan hipotesis yang disusun,  dimana siswa-siswi yang aktif di DTA cenderung memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang baik," katanya.

Menurutnya, Prodi Ekonomi Pembangunan Unisba akan terus melakukan pembinaan kepada siswa siswi DTA Nurul Huda secara berkelnajutan, dengan harapan akan lahir sumber daya insani yang smart dan agamis di masa depan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kapan Anak Boleh Punya Gawai Sendiri?

Manusia Menuju Makhluk Digital

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image