Unisba Maknai Idul Adha 1443 H Sebagai Ketaatan

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Daging kurban akan didistribusikan kepada mudhohi, internal Unisba.
Daging kurban akan didistribusikan kepada mudhohi, internal Unisba. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Islam Bandung (Unisba), melaksanaan penyembelihan hewan kurban di Idul Adha 1443 H ini. Sebanyak 11 sapi dan 5 kambing telah diterima Unisba dan dilakukan penyembelihan di Lapangan Parkir Kampus Utama Unisba, Ahad (10/7/2022).

Proses pemotongan hewan ditandai dengan penyerahan pisau oleh Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi kepada Ketua Penyelenggara Penyembelihan Hewan Kurban Unisba Iwan Permana. Edi mengatakan, momentum Idul Adha ini harus mengikuti teladan sifat Nabi Ibrahim yang taat kepada perintah Allah SWT.

"Sebagai mudhohi harus memiliki sifat Nabi Ibrahim yaitu ketaatan, ketegasan dan keikhlasan. Taat sepanjang kita mampu untuk terus berkurban dan ikhlas tanpa maksud lain selain menjalankan perintah Allah SWT, jangan sampai ria. Itu yang paling utama,” ujarnya.

Hal ini juga, kata Edi, harus bisa diaplikasikan di berbagai aspek kehidupan sehari-hari sebagai hikmah Idul Adha dengan bekerja taat, berteguh hati dan keikhlasan dalam pengabdian.

Ketua Penyelenggara Kurban Unisba, Iwan Permana, mengatakan, ke 15 hewan tersebut berasal dari mudhohi yang merupakan sivitas akademika Unisba dan 1 sapi pemberian dari BSI KK Unisba. Menurutnya, para mudhohi yang tidak hadir, diberikan fasilitas untuk melihat langsung proses penyembelihan melalui Zoom Meeting.

Iwan mengatakan, hewan-hewan tersebut memiliki kuantitas dan kualitas yang baik, serta terbebas dari Penyakit Mulut dan Kaki (PKM) karena sudah divaksin dan telah memperoleh surat sehat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

Daging kurban tersebut kata Iwan, akan didistribusikan kepada mudhohi, internal Unisba. Yakni, terdiri dari securitry, tata laksana dan lainnya, eksternal Unisba yang merupakan warga sekitar kampus Unisba dari beberapa RW yang berada di Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, serta ke berbagai yayasan yatim piatu dan pesatren yang berada diwilayah Bandung Raya.

Menurut Iwan, kepanitian kurban Unisba tahun ini melibatkan 115 orang panitia yang merupakan dosen, tenaga kependidikan, dan takmir Masjid Al Asy’Ari Unisba. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Pelaksanaan Shalat Id di Tengah Kenaikan Kasus Baru Covid-19

Ngamuk Saat Hendak Disembelih, Sapi Kurban Bupati Cirebon Seruduk Petugas Jagal

Pengamat Nilai Sapi Kurban Anies di JIS Sarat Makna Politik

Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Cut Meutia

Idul Adha 1443 Hijriyah, INH Salurkan Kurban di Tujuh Negara

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image