Vaksin Booster di Tempat Publik Belum Dongkrak Angka Vaksinasi

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) ke warga di Posko Vaksinasi Covid-19 Terminal Cicaheum, Kota Bandung.
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) ke warga di Posko Vaksinasi Covid-19 Terminal Cicaheum, Kota Bandung. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUN -- Kebijakan vaksinasi booster atau dosis ketiga di tempat publik yang dikeluarkan pemerintah Kota Bandung beberapa waktu lalu, masih belum mendongkrak angka vaksinasi. Penyebabnya, kebijakan tersebut masih baru beberapa hari dilaksanakan.

"Belum signifikan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr Ahyani Raksanagara saat dikonfirmasi, Senin (11/7/2022). 

Kondisi tersebut terjadi karena kebijakan masih baru digulirkan. Namun begitu di beberapa puskesmas, angka vaksinasi booster mulai meningkat disebabkan aturan perjalanan. 

Terpisah Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, angka vaksinasi booster masih tertahan di angka 35 persen. Kenaikan angka vaksinasi yang lamban diperkirakan karena masyarakat merasa sudah percaya diri pandemi selesai.

"Mungkin orang sudah percaya diri, nganggap udah agak selesai pandeminya. Nyatanya sekarang kalau kita lihat indikator terjadi peningkatan," katanya.

Dia berharap, melalui kebijakan vaksinasi booster di tempat publik masyarakat lebih dipaksa untuk divaksin. Sehingga, percepatan vaksinasi dapat memenuhi target 50 persen di akhir Agustus.

"Ya mudah-mudahan lah, agak sedikit dipaksa lewat regulasi, kita ingatkan lagi, mudah-mudahan percepatannya bisa dilakukan melebihi target," katanya. 

Dia berharap, agar masyarakat menyadari hal tersebut. Selain itu pihaknya menyiapkan gerai-gerai vaksinasi di tempat publik untuk menggenjot vaksinasi booster.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Wajib Vaksin Booster di Tempat Publik Kota Bandung Belum Dongkrak Angka Vaksinasi

DKPP Kota Bandung Anjurkan Plastik Organik untuk Daging Kurban

Survei Dinas Pendidikan: 56 Persen Remaja Kota Bandung Mengaku Pernah Seks Bebas

Tahun Ini, Pemkot Bandung Tambah Dua Gedung SMP Baru

Disnaker Kota Bandung Target Turunkan Pengangguran Hingga 8 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image