Sabtu 16 Jul 2022 06:58 WIB

Sejumlah Wilayah di Garut Terendam Banjir

Banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat sore.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sejumlah Wilayah di Garut Terendam Banjir (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Sejumlah Wilayah di Garut Terendam Banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Bencana banjir terjadi di sejumlah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, Jumat (15/7/2022) malam. Akibat, warga yang terdampak banjir dilaporkan mengungsi.

Kapolsek Tarogong Kidul, Kompol Alit Kadarusman, mengatakan, bencana banjir di wilayahnya terjadi di wilayah Desa Haurpanggung dan Sukakarya. Ketinggian air di dua wilayah itu diperkirakan lebih dari 1 meter.

Baca Juga

“Di Haurpanggung ketinggian air mencapai lebih dari 2 meter karena dekat Sungai Cimanuk,” kata dia, Jumat malam.

Menurut dia, banjir itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat sore. Akibatnya, Sungai Cimanuk yang melintas wilayah Tarogong Kidul meluap dan masuk ke permukiman warga.

Ia menyebutkan, terdapat ratusan rumah yang terendam air di dua desa yang terdampak banjir. Akibatnya, terdapat warga yang dilaporkan mengungsi. Sejumlah warga lain juga ada yang dilaporkan masih terjebak banjir di dalam rumah.

“Ada puluhan warga yang terjebak di rumah-rumah di kawasan Cimacan. Saat ini kami bersama tim SAR gabungan sedang melakukan upaya evakuasi menggunakan perahu karet,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir tak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul. Wilayah kecamatan lainnya, seperti Garut Kota dan Cilawu, banjir juga terjadi dengan ketinggian air yang bervariasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement