Tips Sukses Berkuliah dan Berprestasi di Perguruan Tinggi

Red: Rahmat Santosa Basarah

Tips Sukses Berkuliah dan Berprestasi di Perguruan Tinggi
Tips Sukses Berkuliah dan Berprestasi di Perguruan Tinggi | Foto: unisba

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Menjadi mahasiswa bukan hanya mengejar nilai akademis saja agar dapat lulus. Namun, fungsi dan peran mahasiswa lebih dari itu, yakni sebagai kaum intelek yang  harus memiliki wawasan luas dengan meningkatnya nalar, minat dan bakat sehingga menjadi mahasiswa yang berkualitas dan berprestasi, serta dapat dijadikan bekal menghadapi dunia kerja ketika lulus nanti.

Lalu, seperti apa tipsnya? Raisha Az-Zahra, mahasiswi program studi Farmasi Fakultas MIPA Unisba angkatan 2019 dan Mahasiswa Berprestasi Unisba 2022, membagikan sejumlah tips sukses berkuliah dan berprestasi saat menjadi mahasiswa berikut ini.

1. Ketahui Tujuan Belajar dan Persiapkan Niat untuk Belajar

Dengan mengetahui tujuan belajar, maka akan tahu apa yang dibutuhkan. Penting untuk mempersiapkan niat karena dengan niat, akan mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Selain itu dengan memiliki niat dan tujuan yang jelas, akan memiliki awareness bahwa belajar bukan hanya tuntutan dari kampus saja, tapi juga timbul dari keinginan untuk mempelajari materi-materi perkuliahan dari diri sendiri dan akhirnya bisa lebih menguasai.

2. Siapkan Materi Belajar dari Sumber Terpercaya yang Mudah untuk Dimengerti

Ketika sudah memiliki niat dan tujuan yang jelas, agar terlebih dahulu mempersiapkan materi belajar dengan mencari referensi baik dari buku maupun internet yang sumbernya dari dalam maupun luar negeri. Pastikan sumber belajar tersebut dan pembuat materinya terpercaya, sehingga bisa memahami dan sejalan dengan mata kuliah yang sedang diampu oleh dosennya.

3.Kenali Gaya Belajar Sendiri, Belajar Sesuai dengan Gaya Belajarnya (Baik Audio, Kinestetik, dan visual)

Ini menjadi poin yang sangat penting karena dengan mengetahui gaya belajar yang sesuai, pembelajaran menjadi lebih efektif  dan bisa  mempermudah untuk menyerap materi. 

4. Rajin Mencari Peluang Lomba, Baik dari Media Sosial Kampus Maupun Luar Kampus

5. Berani untuk Keluar dari Zona Nyaman. Beranikan Diri untuk Mengikuti Lomba dan Beasiswa dari Kampus maupun Luar Kampus seperti Kemdikbud atau Swasta

Poin ke 4 dan 5 ini saling beririsan. Keluar dari zona nyaman bagi beberapa orang merupakan sesuatu hal yang membuat ragu dan takut. Jadilah orang yang berani untuk keluar dari zona nyaman. Dengan berusaha untuk mencoba, setidaknya sudah  pernah merasakan dan melihat ‘zona perang’ sehingga dapat lebih mengetahui kualitas orang lain untuk dijadikan bahan dalam mereflesikan diri. 

Melalui peluang lomba baik sumbernya dari media sosial Unisba ataupun lainnya, diharapkan bisa lebih memiliki insight dan memiliki pengetahuan yang banyak  mengenai info beasiswa. Sehingga jadwal  tidak tertinggal.

6. Memperluas Relasi dengan Berbagai Latar Belakang Jurusan Berbeda

Terakhir dengan memperluas relasi dengan rumpun prodi berbeda dapat memperluas channel untuk karir kedepan dan membantu memperlancar berbagai aspek kehidupan. Dengan banyaknya relasi diluar prodi pun akan memperoleh banyak kesempatan untuk berkolaborasi dan kerja sama dengan baik.

Relasi bisa diperoleh dengan berorganisasi sesuai dengan minat, tidak hanya dalam negeri saja tapi luar negeri. Selain itu bisa diperoleh dengan mengikuti berbagai ajang seperti lomba, beasiswa, webinar dan sebagainya. 

Kepala Bagian Komunikasi dan Humas Unisba, Firmansyah, S.I.Kom., M.Si. mengatakan bahwa dukungan dari kampus juga merupakan salah satu faktor mahasiswa dapat sukses berkuliah dan menelurkan prestasi. Universitas Islam Bandung (Unisba) sebagai perguruan tinggi swasta Islam yang terakreditasi 'Unggul' dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mampu mengintegrasikan antara nilai-nilai keagamaan dan akademik, serta memiliki 10 fakultas dengan berbagai rumpun ilmu.

Yakni Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Kedokteran. Unisba telah dilengkapi berbagai fasilitas dengan teknologi terkini untuk mendukung proses pembelajarannya. Untuk mengenal lebih dekat, bisa akses website Unisba di laman www.unisba.ac.id

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Jabar Perkuat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Antardaerah

Polda Jabar Kerahkan Personel Brimob Evakuasi Banjir Bandang Garut

Diskominfo se-Jabar Sepakat Berantas Hoaks dan Judi Online

Fakultas Psikologi Unisba Gelar Pelatihan untuk Orang Tua Asuh

Unisba Bantu Kembangkan Desa Wisata Ciburial dengan Aplikasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image